Netanyahu Akan Kirim Delegasi untuk Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Netanyahu Akan Kirim Delegasi untuk Perundingan Gencatan Senjata di Gaza


Netanyahu Akan Kirim Delegasi untuk Perundingan Gencatan Senjata di Gaza
Benjamin Netanyahu.(AFP/Emil Salman)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan akan mengirim delegasi ke Roma untuk perundingan gencatan senajata dalam upaya mengakhiri perang Israel dengan Hamas. Hal itu menanggapi pernyataan calon presiden Partai Demokrat, Kamala Harris yang menekan Netanyahu untuk mewujudkan gencatan senajata di Gaza.

Komentar Netanyahu itu disampaikan Jumat (26/7) saat kunjungannya ke lahan milik Donald Trump di Mar-a-Lago, Florida, sehari setelah dia membahas upaya gencatan senjata dengan Presiden AS Joe Biden dan Kamala Harris di Washington.

Pemerintah Biden menyatakan bahwa Israel dan AS sedang memperkecil “kesenjangan” dalam isu tersebut. Harris mengatakan bahwa dia tidak akan diam tentang tragedi dan penderitaan warga sipil Gaza sambil menyerukan semua pihak untuk mencapai kesepakatan.

Baca juga: PM Israel Pidato di Kongres AS, Puluhan Anggota Demokrat Boikot

“Sudah saatnya perang ini berakhir dan berakhir dengan cara yang membuat Israel aman, semua sandera dibebaskan, penderitaan warga Palestina di Gaza berakhir, dan rakyat Palestina dapat menjalankan hak mereka atas kebebasan, martabat, dan penentuan nasib sendiri,” kata Harris.

Setelah pertemuannya dengan Trump, Netanyahu mengatakan bahwa Israel akan mengirim negosiator pada Minggu (28/7) untuk pembicaraan di Roma.

“Saya pikir sejauh Hamas memahami bahwa tidak ada perbedaan antara Israel dan Amerika Serikatitu mempercepat kesepakatan,” katanya.

Baca juga: Kamala Harris Desak Netanyahu Selesaikan Gencatan Senjata

“Dan saya berharap komentar-komentar (Harris) tidak mengubah itu.”

Pembicaraan di Roma adalah yang terbaru dari serangkaian inisiatif untuk mengakhiri perang. AS mengirim kepala CIA, Invoice Burns, untuk bertemu perwakilan dari Qatar, Mesir, dan Israel. Pembicaraan dijadwalkan dimulai pada Minggu (28/7)

Mereka akan membahas kesepakatan untuk mengakhiri permusuhan dan mengembalikan sandera yang masih ditahan di Gaza. (BBC/P-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *