Baznas RI Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Banyumas untuk Berdayakan Mustahik

Baznas RI Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Banyumas untuk Berdayakan Mustahik


Baznas RI Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Banyumas untuk Berdayakan Mustahik
Baznas RI resmi meresmikan Sentra Ternak Baznas di Kelompok Tani Ternak Maju Jaya, Desa Babakan, Banyumas (Dok. Baznas)

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) RI resmi meluncurkan Balai Ternak Baznas di Kelompok Tani Ternak Maju Jaya, Desa Babakan, Kecamatan Babakan, Kabupaten Banyumas. Acara peresmian yang diadakan pada Rabu (31/7) ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dan tokoh masyarakat.

Balai Ternak Baznas adalah sebuah program pemberdayaan ekonomi mustahik di sektor peternakan. Program ini menggabungkan konsep perbibitan dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat, khususnya petani dan peternak kecil.

Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan Balai Ternak Baznas ini.

Baca juga: Baznas Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Pacitan

“Balai Ternak Baznas merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis peternakan,” ujar Kiai Noor.

Menurut Kiai Noor, program Balai Ternak di Banyumas yang dimulai sejak 1 April 2024 ini melibatkan 20 peternak laki-laki dengan populasi ternak per-Juli 2024 sebanyak 111 ekor, yang terdiri dari 11 ekor pejantan domba sakub dan 100 ekor domba indukan.

“Pemilihan wilayah Banyumas sebagai lokasi program ini didasarkan pada potensi besar di bidang peternakan ternak kecil, khususnya domba. Wilayah ini memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mendukung perkembangan peternakan,” jelasnya.

Baca juga: Berdayakan Mustahik, Baznas RI Bersama SMK Peternakan Lembah Hijau Resmikan Balai Ternak di Batang

Kiai Noor menambahkan bahwa tujuan utama Balai Ternak Baznas tidak hanya meningkatkan produksi ternak, tetapi juga memberdayakan para peternak lokal untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. “Dengan adanya balai ternak ini, kami berharap dapat memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan kepada para peternak, sehingga mereka dapat mengembangkan usaha ternak secara lebih profesional dan berkelanjutan,” tambahnya.

Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, Baznas, para peternak, dan seluruh stakeholder untuk memastikan program ini memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Banyumas.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Ahmad Darodji juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI atas inisiatifnya membangun Balai Ternak di Banyumas.

“Kami berharap kehadiran Balai Ternak Baznas ini menjadi langkah strategis dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor peternakan,” katanya.

Dengan hadirnya Balai Ternak Baznas di Banyumas, diharapkan program ini mampu memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat, meningkatkan kesejahteraan para peternak, dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengikuti jejak yang sama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. (RO/Z-10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *