Kepolisian Australia dan Polri Rayakan Kerja Sama Selama Dua Dekade

Kepolisian Australia dan Polri Rayakan Kerja Sama Selama Dua Dekade


Kepolisian Australia dan Polri Rayakan Kerja Sama Selama Dua Dekade
Perayaan 20 tahun kerja sama AFP dengan Polri(MI/HO)

KEPALA Kepolisian Federal Australia (AFP) Commissioner Reece Kershaw berada di Indonesia untuk merayakan ulang tahun ke-20 Jakarta Centre for Legislation Enforcement Cooperation (JCLEC), pusat pelatihan yang didirikan setelah peristiwa Bom Bali 2002.

JCLEC telah menyelenggarakan lebih dari 1.800 program kontraterorisme, penyelundupan manusia, dan pemahaman siber kepada lebih dari 44.000 peserta dari 94 negara, dan keberhasilannya telah menjadi dasar bagi konsep serupa di Australia untuk polisi di Kepulauan Pasifik.

Commissioner Kershaw juga telah bertemu dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebelum Pertemuan Perwira Senior (SOM) ke-12 antara AFP-Polri yang sangat penting.

Baca juga: Kapolri Mutasi 157 Anggota: Ada Kapolda, Wakapolda, hingga Kapolres

Pertemuan SOM ini menguraikan tantangan kriminal yang dihadapi Australia dan Indonesia serta membantu mengoordinasikan strategi bersama untuk menghadapi ancaman kejahatan yang masih dihadapi dan yang baru muncul.

Commissioner Kershaw mengatakan JCLEC, yang merupakan lembaga pelatihan internasional terkenal yang dipimpin bersama oleh AFP dan Polri, telah menjadi bagian integral dalam menjaga kedua negara, dan kawasan yang lebih luas, agar tetap aman dari berbagai kejahatan.

“Bom Bali merupakan tragedi mengerikan yang meninggalkan bekas luka psikologis dan fisik bagi warga negara kita,” kata Commissioner Kershaw.

Baca juga: Ajudan Wakapolres Sorong Bunuh Diri, Pengawasan terhadap Anggota harus Diperkuat

“Selama hari-hari yang kelam itu, AFP dan Polri bekerja sama tanpa kenal lelah untuk membawa keadilan bagi mereka yang bertanggung jawab atas peristiwa itu.”

“Ketika Anda bekerja sama dengan erat setelah tragedi seperti itu, Anda tidak akan pernah kembali ke keadaan semula.”

“Warisan dari kerja sama tersebut adalah pendirian JCLEC dan ikatan yang tak terpatahkan antara AFP dan Polri yang terus diperkuat dari waktu ke waktu.,” lanjutnya

Baca juga: 5 Polisi Bunuh Diri di Sepanjang 2024

JCLEC, yang awalnya didirikan untuk meningkatkan kemampuan khusus kepolisian dalam melawan terorisme di kawasan ini, kini, telah memperluas cakupannya untuk memastikan bahwa pelatihan-pelatihan yang diberikan dapat menyasar seluruh ancaman serius dari kejahatan transnasional terorganisir yang sedang berkembang di kawasan Asia Tenggara.

Namun, tujuan awal JCLEC tetap sama, yaitu meningkatkan kemampuan lembaga penegak hukum Indonesia untuk mengembangkan operasi investigasi dan manajemen multi-yurisdiksi, yang nantinya akan memberikan bukti dan inteligensi yang sangat penting untuk membantu menjaga keamanan Australia dan kawasan ini.

Sejak 2015, AFP telah menyelenggarakan 33 program mengenai pemberantasan penyelundupan manusia, yang telah membantu mentransformasi Polri menjadi penyelidik yang handal dalam hal upaya penyelundupan manusia.

Baca juga: Kuliah Kerja Porfesi Sespimmen Bentuk Wujud Standar Kompetensi Polri

Setelah satu pelatihan yang diselenggarakan tahun lalu, Polri dan AFP bekerja sama untuk menangkap goal penyelundupan manusia yang bernilai tinggi, dan diduga bertanggung jawab atas upaya penyelundupan manusia ke Australia baru-baru ini.

Commissioner Kershaw mengatakan pelatihan petugas penegak hukum perempuan juga menjadi fokus utama JCLEC.

“Keberadaan JCLEC sangat tepat untuk berkontribusi pada peningkatan peran kepemimpinan perempuan dan posisinya yang berpengaruh di kawasan Asia Tenggara untuk menjadi teladan,” ujar Kershaw.

“JCLEC dan para sponsornya secara aktif menyediakan dan mendukung peluang bagi perempuan di bidang penegakan hukum melalui berbagai program dan jaringan,” imbuhnya.

Commissioner Kershaw mengatakan keberhasilan JCLEC telah mendorong pembicaraan awal tentang bagaimana konsep serupa dapat dijalankan di Australia untuk polisi di Kepulauan Pasifik. (Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *