Setelah Menanti  20 Tahun, Djokovic Terharu Lolos Final Olimpiade

Setelah Menanti 20 Tahun, Djokovic Terharu Lolos Ultimate Olimpiade


Setelah Menanti  20 Tahun, Djokovic Terharu Lolos Final Olimpiade
Novak Djokovic(Dok: AFP/Valery HACHE)

Mantan petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic melaju ke ultimate Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga tenis putra. Ini untuk pertama kali pengoleksi 24 gelar slam besar itu lolos ke partai puncak Olimpiade.

“Saya telah mencapai banyak hal hebat dalam olahraga ini, tetapi belum pernah mencapai ultimate Olimpiade, jadi saya sangat gembira,” kata Djokovic dilansir ATP.

“Saya harap saya membawa kegembiraan bagi para penggemar Serbia dan orang-orang di seluruh dunia dan juga di Serbia,” imbuhnya.

Baca juga: Jumpa Alcaraz di Final Olimpiade 2024, Begini Kata Djokovic

Petenis asal Serbia itu meraih tiket ultimate setelah mengalahkan Lorenzo Musetti dari Italia 6-4, 6-2 di semifinal yang berlangsung di Roland Garros, Sabtu (3/8) WIB.

Paris 2024 menjadi Olimpiade kelima Djokovic. Pencapaian terbaik petenis berusia 37 tahun itu ialah meraih medali perunggu pada edisi Beijing 2008.

Meski bergelimang trofi dengan 98 gelar tur, medali emas Olimpiade menjadi satu-satunya yang belum diraih Djokovic.

Baca juga: Djokovic Mencapai Final Pertamanya di Olimpiade

“Saya telah menunggu ini selama hampir 20 tahun,” kata Djokovic.”Saya telah memainkan empat pertandingan Olimpiade, ini yang kelima dan saya tidak pernah melewati semifinal. Saya kalah tiga kali di semifinal dalam empat pertandingan Olimpiade pertama saya,” tambahnya.

Djokovic menjadi finalis tunggal putra tertua sejak cabang olahraga tenis kembali dipertandingkan di Olimpiade Seoul 1988.

Djokovic yang kini berusia 37 tahun dilanda kekhawatiran cedera lutut kanan setelah babak perempat ultimate. Namun, dia tidak menunjukkan kendala. Djokovic mengenakan pelindung lutut yang dikenakannya sejak di Wimbledon bulan lalu.

Di ultimate yang berlangsung Minggu (4/8), Djokovic akan melakoni duel melawan Carlos Alcaraz (Spanyol). Alcaraz di semifinal mengalahkan petenis Kanada Felix Auger-Aliassime 6-1, 6-1. (M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *