Hasina Tiba di India untuk Cari Suaka ke Inggris

Hasina Tiba di India untuk Cari Suaka ke Inggris


Hasina Tiba di India untuk Cari Suaka ke Inggris
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina tiba di India untuk mencari suaka ke Inggris(x)

Perdana Menteri Bangladesh Syekh Hasina mendarat di India saat militer mengumumkan pemerintahan transisi. Hasina melarikan diri dari Bangladesh setelah demonstrasi massal terhadap pemerintahannya.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mendarat di pangkalan angkatan udara di India pada Senin (5/8) malam. Itu setelah ia melarikan diri dari negaranya setelah demonstrasi massal terhadap pemerintahannya.

“Hasina berada di dalam pesawat Angkatan Udara Bangladesh yang mendarat di pangkalan Hindon milik Angkatan Udara India, di Ghaziabad, dekat ibu kota New Delhi,” saluran berita India Nowadays melaporkan, seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (6/8).

Sebelumnya, Kepala Militer Bangladesh Jenderal Waker-uz-Zaman mengumumkan pemerintahan transisi setelah Hasina melarikan diri dari negaranya di tengah protes nasional yang penuh kekerasan.
Pihak berwenang di Dhaka juga menutup Bandara Internasional Shahjalal, menurut harian nasional Prothom Alo.

Suaka Dari Inggris

Kepergian Hasina di tengah kekacauan di jalan-jalan Dhaka telah membuat India khawatir dan prihatin kemarahan rakyat terhadapnya juga dapat menghanguskan Delhi, yang dipandang sebagai sekutu dan pendukung Liga Awami.

Kehadiran Hasina di Delhi pun mendorong Perdana Menteri Narendra Modi menggelar rapat Komite Kabinet Keamanan (CCS) dan meninjau situasi di Bangladesh. Menteri Dalam Negeri Amit Shah, Menteri Pertahanan Rajnath Singh, Menteri Luar Negeri S Jaishankar, Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman, dan pejabat senior badan intelijen hadir di antara kabinet Modi.

Sementara Hasina, ditemani oleh saudara perempuannya, mendarat di pangkalan udara Hindon, dekat Delhi, pada Senin malam. Sumber mengatakan bahwa ia kemungkinan akan melakukan perjalanan ke Inggris.

“Sekitar pukul 17.15, Hasina mendarat di pangkalan udara Hindon dengan pesawat angkut militer C-130J milik Angkatan Udara Bangladesh. Selama interaksinya dengan Doval, pejabat militer senior dan pejabat badan intelijen juga hadir,” kata sumber itu.

Seorang sumber di lembaga keamanan mengatakan bahwa ia dibawa ke tempat aman. Sebuah laporan media PTI mengatakan bahwa Hasina kemungkinan akan bertemu dengan putrinya Saima Wazed, yang tinggal di Delhi. Wazed bekerja sebagai direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Asia Tenggara.

“Dua pesawat Angkatan Udara India berangkat ke Assam dari pangkalan udara Hindon dan satu lagi dari Lucknow untuk mengangkut personel keamanan guna mengamankan wilayah perbatasan,” kata sumber itu. (I-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *