Istana Garuda Disebut Mirip Kelelawar Hitam, Basuki: Nanti Jadi Hijau

Istana Garuda Disebut Mirip Kelelawar Hitam, Basuki Nanti Jadi Hijau


Istana Garuda Disebut Mirip Kelelawar Hitam, Basuki: Nanti Jadi Hijau
Penampakan Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/7/2024).(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) yang juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono buka suara terkait sebutan Istana Garuda di IKN disebut sebagai mirip kelelawar hitam oleh Warganet (warganet).

Menurut dia, Istana Garuda dirancang terbuat dari perunggu yang diberi cairan sehingga berwarna gelap. Namun, itu akan teroksidasi menjadi hijau seperti Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

“Itu Istana Garudanya hitam jadi disebut mirip kelelawar?” tanya pewarta saat dijumpai di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Baca juga: Satgas Pastikan Pembangunan IKN Sesuai Target dan Roadmap

“Kalau menurut, apa, Pak Nyoman Nuarta (perancang Istana Garuda), itu kalau nanti kena oksidasi. Itu jadi hijau seperti GWK,” jawab Basuki.

Ia pun memastikan tidak ada yang salah dengan desan awal  Istana Garuda. Menurut dia, warna gelap yang sekarang terlihat bukanlah sesuatu yang salah seperti tudingan warganet.

Iya, itu kan perunggu yang dikasih cairan. Nanti dia akan oksidasi menjadi hijau. Persis kayak di GWK,” imbuhnya.

Lebih jauh Basuki menegaskan, proses oksidasi bakal memakan waktu lama. Namun, ia tidak memerinci kapan proses tersebut akan selesai.

“Kayak GWK itu berapa lama? Kan ini IKN untuk jangka panjang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *