Patung Garuda Raksasa di IKN akan Berkilau Seperti GWK Bali

Patung Garuda Raksasa di IKN akan Berkilau Seperti GWK Bali


Patung Garuda Raksasa di IKN akan Berkilau Seperti GWK Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana(Media Heart G20 Indonesia/M Risyal Hidayat)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan warna patung garuda raksasa yang menyelimuti Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan tampak seperti Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali seiring dengan berjalannya waktu.

“Kalau menurut Pak Nyoman Nuarta (pembuat desain patung garuda di Istana IKN), itu kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK,” kata Basuki dijumpai di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Menurut Basuki, patung garuda raksasa di Istana Garuda IKN merupakan perunggu yang diberi cairan. Setelah mengalami oksidasi, patung akan menjadi berwarna hijau persis seperti di GWK, Bali. Basuki menekankan bahwa oksidasi itu memerlukan waktu.

Baca juga: Istana Akui belum Kirim Undangan HUT RI ke Megawati

Sebelumnya, Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimudin mengatakan bahwa pembangunan Istana
Garuda di IKN dengan lambang garuda yang menghadap ke depan membuktikan pembangunan Indonesia sentris.

“Sekarang (lambang) garuda kita (Istana Garuda IKN) menatap ke depan, artinya bahwa kita menjadikan IKN itu adalah Indonesia sentris,
bukan lagi Jawa sentris,” kata Alimudin dalam ASN Pageant 2024 di, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Alimudin menegaskan kepala garuda di Istana Garuda IKN menghadap ke depan, bukan lagi menengok ke kanan sebagai bukti bahwa Pemerintah melakukan pemerataan pembangunan bukan hanya di daerah Jawa.

Selain itu, hal tersebut juga yang sebagai upaya untuk memutus stereotip mengenai pandangan bahwa selama ini pembangunan lebih ke wilayah Pulau Jawa. (Ant/P-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *