Kisah di Balik Lagu Badut Baru yang Digemari di Medsos

Kisah di Balik Lagu Badut Baru yang Digemari di Medsos


Kisah di Balik Lagu Badut Baru yang Digemari di Medsos
Dbatlayar yang terdiri dari kakak-adik David C.R. dan Daniel Pleasure Gratia.(Dok. Dbatlayar)

BATLAYAR yang terdiri dari kakak-adik David C.R. (Dave) dan Daniel Pleasure Gratia (Pleasure) merilis unmarried baru, Badut Baru. Sebuah lagu yang minimalis dengan menonjolkan karakter vokal dengan alunan piano lembut.

Pada pembuka, alunan piano di lagu ini sedikit mengingatkan pada lagu-lagu dari Hivi!. Begitupun pada bagian reff. Namun, pada vokal , karakter yang muncul menghasilkan nuansa yang mirip dengan Kahitna.

Nyatanya, Febri Hivi! memang terlibat dalam penggarapan lagu yang jadi perkenalan manis dari Dbatlayar ini. Dalam siaran pers yang diterima Media IndonesiaJumat (9/8/2024), Dbatlayar menjelaskan jika unmarried ini merespons fenomena tentang sikap orang-orang yang begitu mudah membanding-bandingkan orang.

Baca juga: Muffest+ 2024 Dimulai Hari Ini, 175 Jenama Ambil Bagian

“Badut identik dengan sosok yang bisa menghibur namun hanya satu arah. Dalam lagu ini, kami memosisikan ‘badut’ sebagai sudut pandang dari pendengar lagu ini. Terutama dari sudut pandang orang yang merasa rasa cintanya mendapat balasan dari orang yang ia cintai, padahal nyatanya tidak. Karena orang yang ia cintai tersebut sudah memiliki kekasih,” ungkap Dave.

Badut Baru diciptakan Dave dan Pleasure di rumah mereka, di kawasan Mangga Besar, Jakarta pada Januari tahun lalu. Malam itu, Pleasure menemukan nada sambil memainkan gitar yang direspon dengan baik oleh Dave.

Baca juga: Lewat Single Amuleto, Neida Ungkap Rindu pada Mendiang Ayah

Dalam keadaan hati yang sedang galau, Dave menyusun lirik dan menggabungkan dengan nada yang ditemukan oleh Pleasure dengan alat rekam dari handphone.

“Dalam proses perekaman lagu ini, kami dibantu oleh banyak pihak. Bentuk dan ketukan dasar lagu ini diarahkan oleh kak Febri HIivi!, bas dimainkan oleh Isaiah Christov, perekaman drum dimainkan oleh kak Jessi Buddies. Proses blending kami dibantu oleh Mas Rayendra Sunito, dan mastering oleh kak Dimas Pradipta.  Untuk rekaman vokal, kami diarahkan oleh mas Irvnat,” jelas Pleasure.

Baca juga: Lanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri, Ezra Hiatus dari HIVI!

Di bawah naungan Keina Ingenious yang dibentuk oleh grup musik Hivi!, Dbatlayar telah merilis lima lagu sejak 2020. Sejak kecil, mereka tumbuh dengan lagu gospel, jaz, pop, juga lagu-lagu vocal workforce rohani yang dikenalkan oleh kedua orangtua mereka.

Cuplikan lagu Badut Baru belakangan juga dipakai menjadi musik latar untuk beragam konten di media sosial. Warganet menggunakannya untuk menggambarkan kisah dan situasi terkini dari hubungan percintaan mereka, yang mayoritas anak-anak muda. Sampai saat ini, tercatat sudah lebih dari 72 ribu akun di media sosial berbagai platform yang menggunakan lagu Badut Baru.

Baca juga: HIVI! Rilis Video Musik Selalu Bersamamu

“Kami merasa senang dan semangat atas respons dari kawan-kawan yang mendengar dan menggunakan potongan lagu kami. Kami merasa industri musik sangat luas jangkauannya, karena pendengar bisa dengan mudah memilih lagu yang ingin didengarkan secara virtual. Hal ini tentu membuat  musisi harus terus kreatif dalam menemukan cara terbaik untuk mempromosikan karyanya,” kata Pleasure.

Dirilis pada 7 Agustus 2024, unmarried Badut Baru sudah bisa didengarkan di semua platform streaming virtual. (M-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *