Pegawai DLHK dan Pemulung Upacara HUT ke-79 RI di Gunungan Sampah

Pegawai DLHK dan Pemulung Upacara HUT ke-79 RI di Gunungan Sampah


Pegawai DLHK dan Pemulung Upacara HUT ke-79 RI di Gunungan Sampah
Pegawai DLHK dan pemulung memperingati upacara HUT ke-79 RI di TPA Gunungan Sampah di Sidoarjo.(MI/Heri Susetyo)

PULUHAN pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo bersama sejumlah pemulung mengikuti upacara bendera memperingati HUT ke-79 RI di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, Sabtu (17/8). Meski dilakukan di lokasi pembuangan akhir sampah upacara bendera berlangsung khidmat.

Upacara bendera memperingati HUT ke-79 RI ini dilakukan di TPA Griyo Mulyo, Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Upacara diikuti pegawai DLHK Sidoarjo dan sejumlah pemulung.

Baca juga: Di Usia 76, Tulih St Kalipah Kibarkan Bendera dari Ketinggian 80 Meter

Upacara bendera sengaja digelar di TPA sampah, untuk mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia belum merdeka dari sampah. Maka masyarakat bersama stakeholder diharapkan bisa bersama-sama, turut ikut menangani persoalan sampah secara serius.

Meskipun dilakukan di TPA sampah, upacara bendera yang dipimpin Kepala DLHK Sidoarjo Bahrul Amiq berlangsung khidmat. Sejumlah alat berat juga ditempatkan di lokasi upacara, lengkap dengan bendera merah putih.

TPA Griyo Mulyo ini setiap hari, menampung sampah rata-rata 550 ton. DLHK Sidoarjo berupaya mengurangi pembuangan sampah di TPA, dengan cara mengolah sampah terlebih dulu di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST).

Baca juga: Pertamina Gas Gelar Peringatan HUT RI ke-79 di Seluruh Wilayah Operasi

“Sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan 72% kesadaran masyarakat akan sampah masih rendah, dan itu masih terlihat hingga saat ini di mana masyarakat cuek dan sering tidak menyadari melakukan tindakan kriminal terhadap lingkungan. Makanya saya mengatakan kita belum merdeka dari sampah,” kata Amiq.

Amiq berharap sampah bisa tertangani dengan baik didukung dengan kesadaran masyarakat. Jangan sampai kemudian muncul adanya masyarakat yang sakit hanya karena akibat sampah. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *