Meriahkan HUT RI, Kementan Lakukan Penanaman Padi Gogo di Gorontalo

Meriahkan HUT RI, Kementan Lakukan Penanaman PadiGogo di Gorontalo


Meriahkan HUT RI, Kementan Lakukan Penanaman Padi Gogo di Gorontalo
Kementan lakukan penanaman padi Gogo di Gorontalo(Dok)

MOMEN perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia dimanfaatkan Kementerian Pertanian (Kementan) bersinergi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato semangat gelorakan program  PAT Pompanisasi dan Padi Gogo, serta Inovasi Pengairan dan Mandiri Benih.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa momentum hari kemerdekan Indonesia, semangat kemerdekaan harus semakin berkobar untuk Pertanian Indonesia.

“Indonesia mampu menjadi lumbung pangan dunia dalam 3 tahun kedepan, inilah momentum yang terbaik bagi Indonesia, untuk pertanian. Sektor pertanian terbang lebih tinggi dan kami yakin, itu akan bisa kita capai,” ungkap Amran

Baca juga: Kementan Targetkan Peningkatan Produksi Padi di Musim Kemarau

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti menyampaikan semakin bertambahnya umur kemerdekaan RI diharapkan akan semakin bertambah pula tingkat kematangan masyarakat Indonesia.

Inneke Kusumawaty, Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) mengungkapkan apresiasinya kepada Kabupaten Pohuwato yang bisa membuat Inovasi Pengairan dan Mandiri Benih serta selalu cepat bekerja dalam program PAT, “Pohuwato membanggakan, dengan inovasi pengairan sprinklenya dan mampu menghasilkan benih Mandiri serta selalu cepat tanggap dalam kinerja PAT nya”, ungkapnya.

Momen perayaan HUT kemerdekaan juga menjadi hari yang spesial untuk Kabupaten Pohuwato dengan dilakukannya tanam bersama padi gogo varietas 13 Inpago Fortiz di Desa Imbodu Kec Randangan dengan luas lahan 4 Ha, tersedia sumber air dalam bentuk sumur bor 7 titik, tersedia pompa air 3 inci dan inovasi pengairan  sprinkle serta mandiri benih yang diinisiasi Kepala Dinas Pertanian Pohuwato. Potensi luas ketersediaan benih mandiri utk padi sawah dan padi gogo di Kabupaten Pohuwato mencapai 3.120Ha.

Baca juga: Kolaborasi dengan UGM, Kementan Salurkan Bantuan Benih Padi Varietas Gamagora 7

Penanaman Padi Gogo juga dilakukan di Desa Iloheluma, Kecamatan Patilanggio padi varietas inpago 13 fortiz dengan luasan 8Ha, dengan pompa air 3 inci dan inovasi springkle.

Kamri Alwi, Kepala Dinas Pertanian Pohuwato mengatakan bahwa Dinas Pertanian terus berjuang meningkatkan produksi padi. Dengan semangat kemerdekaan RI, Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Pertanian terus semangat dan berjuang untuk meningkatkan produksi padi, melalui perluasan Areal Tanam dan penyediaan benih secara mandiri,” ujarnya.

Sumarni Panikkai, Kepala BSIP Gorontalo mengatakan bahwa harus bekerja sama, “Untuk program Kementan khususnya PAT dan pompanisasi dan padi gogo, marilah kita bersama sama singsingkan lengan baju dan bekerja keras sebagai wujud perjuangan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional diantaranya dengan melakukan penanaman padi di Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya.

Kegiatan Tanam Padi Gogo di second HUT RI ke 79 ini diikuti oleh Plt. Kapusdiktan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato, Kepala BSIP Gorontalo,  Penyuluh Lapangan,  Mahasiswa Polbangtan/PEPI, Kelompok Tani,  Babinsa, serta Petani Milenial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *