10 Tips Menghilangkan Bau Badan, ini Penyebabnya

10 Pointers Menghilangkan Bau Badan, ini Penyebabnya


10 Tips Menghilangkan Bau Badan, ini Penyebabnya
berikut cara mengatasi bau badan(freepik)

MENGATASI bau badan membutuhkan perawatan kebersihan yang baik serta beberapa langkah tambahan untuk mengontrol keringat dan bakteri yang menyebabkan bau.

Selain itu bau badan juga dapat membuat orang sekitar terganggu. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya kalian mencegah atau menghilangkannya.

Untuk menghilangkan bau badan tidak perlu jauh-jauh ke dokter. Kalian bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Baca juga: 7 Penyebab Speedometer Motor Mati, Begini Cara Mengatasinya

Berikut 10 Pointers Menghilangkan Bau Badan

1. Mandi Secara Teratur

Mandi setidaknya sekali sehari untuk membersihkan keringat dan bakteri dari tubuh. Pastikan untuk membersihkan space yang rentan terhadap keringat seperti ketiak, kaki, dan lipatan tubuh.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Pilih sabun antibakteri untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau badan. Ini membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit yang berinteraksi dengan keringat.

3. Keringkan Tubuh dengan Baik

Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan tubuh dengan baik, terutama di space lipatan seperti ketiak dan selangkangan. Bakteri lebih mudah berkembang biak di lingkungan yang lembab.

Baca juga: Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya

4. Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Deodoran membantu menutupi bau badan, sedangkan antiperspiran membantu mengurangi produksi keringat. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan setiap hari.

5. Pakai Pakaian yang Bersih dan Menyerap Keringat

Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun yang menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Ganti pakaian secara teratur, terutama setelah berkeringat banyak.

6. Perhatikan Pola Makan

Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu bau badan, seperti bawang putih, bawang merah, rempah-rempah kuat, dan alkohol. Konsumsi makanan yang lebih banyak serat dan minum banyak air untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Baca juga: 10 Penyebab Motor Bebek Tiba-tiba Mati saat Dikendarai, ini Cara Mengatasinya

7. Cukur atau Pangkas Rambut Ketiak

Rambut ketiak dapat menahan keringat dan memperlambat penguapan, sehingga memberi lebih banyak waktu bagi bakteri untuk berkembang. Cukur atau potong rambut ketiak secara teratur untuk mengurangi bau.

8. Gunakan Cuka Apel atau Lemon

Cuka apel dan lemon memiliki sifat antibakteri alami. Anda bisa mengaplikasikan sedikit cuka apel atau air perasan lemon pada ketiak setelah mandi untuk membantu mengurangi bau badan.

9. Hindari Stres yang Berlebihan

Stres dapat meningkatkan produksi keringat, yang bisa memperburuk bau badan. Cobalah teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengelola stres dengan lebih baik.

Baca juga: Ini Penyebab Rem Motor Tiba-tiba Mengunci, Berikut Cara Mengatasinya

10. Konsumsi Probiotik

Probiotik dalam yogurt atau suplemen bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi bau badan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengurangi dan mencegah bau badan secara efektif, sehingga merasa lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bau badan biasanya disebabkan oleh kombinasi antara keringat dan bakteri yang ada di permukaan kulit.

Berikut 5 Penyebab Bau Badan

1. Bakteri pada Kulit

Keringat sebenarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika keringat bercampur dengan bakteri yang ada di kulit. Bakteri ini memecah protein dalam keringat menjadi asam yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Keringat Berlebih (Hiperhidrosis)

Orang yang memiliki kondisi hiperhidrosis, di mana tubuh mereka memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya, lebih rentan mengalami bau badan karena jumlah keringat yang lebih besar memberi lebih banyak “makanan” bagi bakteri.

3. Makanan dan Minuman

Makanan tertentu seperti bawang putih, bawang merah, rempah-rempah kuat, dan makanan pedas dapat mempengaruhi bau badan. Alkohol dan kafein juga dapat meningkatkan keringat dan menyebabkan bau yang lebih menyengat.

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa pubertas, menstruasi, atau menopause, dapat menyebabkan peningkatan produksi keringat dan perubahan komposisi keringat, yang dapat menyebabkan bau badan lebih kuat.

5. Kebersihan Pribadi yang Buruk

Tidak menjaga kebersihan diri dengan baik, seperti jarang mandi atau tidak mencuci pakaian secara teratur, dapat meningkatkan risiko bau badan. Bakteri dan kotoran yang menumpuk di kulit dan pakaian dapat memperburuk bau.

Dengan memahami penyebab-penyebab ini, seseorang dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi atau mencegah bau badan, seperti menjaga kebersihan, memilih makanan dengan hati-hati, dan mengelola stres dengan baik. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *