Ingin Normalisasi Hubungan Israel, Putra Mahkota Saudi Takut Dibunuh

Ingin Normalisasi Hubungan Israel, Putra Mahkota Saudi Takut Dibunuh


Ingin Normalisasi Hubungan Israel, Putra Mahkota Saudi Takut Dibunuh
Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman.(Dok Al-Jazeera)

PUTRA Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman khawatir bahwa ia mungkin berisiko dibunuh karena cita-citanya untuk menormalisasi hubungan dengan Israelmenurut Politico. Penguasa de facto Saudi itu telah menyebutkan kepada anggota Kongres bahwa ia membahayakan nyawanya dengan mengejar kesepakatan besar dengan Amerika Serikat (AS) dan Israel yang mencakup normalisasi hubungan Saudi-Israel.

Mengutip tiga sumber, termasuk seorang mantan pejabat AS, Politico mengatakan Bin Salman, yang sering disebut sebagai MBS, bahkan merujuk pada Anwar Sadat, pemimpin Mesir yang dibunuh setelah menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

Laporan itu mengatakan bahwa putra mahkota tampaknya berniat untuk mencapai kesepakatan besar dengan AS dan Israel meskipun ada risiko yang terlibat karena ia melihatnya sangat penting bagi masa depan negaranya.

Baca juga: Saudi dan Israel semakin Mesra, Iran Ingatkan tentang Palestina

Kesepakatan yang sebagian besar rahasia dan masih dalam tahap pengembangan itu mencakup komitmen AS kepada Saudi, seperti jaminan keamanan melalui perjanjian, bantuan untuk program nuklir sipil, dan investasi ekonomi di berbagai bidang seperti teknologi. Kesepakatan itu juga akan mencakup pembentukan hubungan diplomatik dan hubungan lain dengan Israel.

Namun, kesepakatan semacam itu harus mencakup jalan yang benar menuju negara Palestinakata laporan itu.

Masalah mendesak

“Dia (Bin Salman) menyatakannya, 'Saudi sangat peduli terhadap hal ini dan seluruh Timur Tengah juga sangat peduli terhadap hal ini, dan masa jabatan saya sebagai penjaga tempat-tempat suci Islam tidak akan damai jika saya tidak menangani hal-hal yang paling penting. mendesak masalah keadilan di wilayah ini,'” kata seorang sumber kepada Politico seperti dilansir Palestine Chronicle.

Baca juga: Isu Gaza Disoroti Forum Ekonomi Dunia di Saudi

Laporan itu mengutip seorang pejabat senior Saudi yang mengatakan bahwa bin Salman percaya negaranya pada akhirnya tidak akan mendapat manfaat dari kesepakatan besar tanpa menyelesaikan masalah Palestina. “Kita tidak akan memiliki keamanan dan stabilitas regional tanpa mengatasi masalah Palestina,” kata pejabat itu.

Warga Saudi tergerak

Khususnya warga Saudi yang lebih muda, yang mendukung Bin Salman dalam reformasi sosialnya, peka terhadap isu Palestina.

“Ia memiliki populasi sangat muda yang bersemangat dan tergerak oleh konflik besar antara warga Israel dan Palestina yang banyak mereka saksikan dalam hidup. Tidak perlu berada di dalam kepalanya untuk memahami bahwa ini akan membebani dirinya,” kata seorang pejabat pemerintah AS lain.

Baca juga: MBS: Normalisasi Hubungan Arab Saudi- Israel Semakin Dekat

Laporan Politico menyatakan bin Salman mungkin mempertaruhkan lehernya sebagai cara menarik untuk mendapatkan perhatian lawan bicaranya.

Menurut Dennis Ross, seorang negosiator Timur Tengah veteran yang telah bekerja untuk beberapa presiden Amerika, Politico melaporkan bahwa itu cara lain untuk mengatakan, “Ini keputusan penting bagi saya. Itulah alasan saya membutuhkan sesuatu untuk itu.”

Meyakinkan Netanyahu

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bersumpah untuk tidak pernah mengizinkan pembentukan negara Palestina, kata laporan itu.

Baca juga: Ada Tanda-Tanda Kesepakatan Normalisasi Hubungan Israel-Saudi?

“Jadi, masih belum jelas strategi MBS yang menekankan risikonya akan meyakinkan Netanyahu bahwa dia juga harus mengambil risiko,” imbuh Politico.

Bulan lalu, parlemen Israel, Knesset, memberikan suara untuk meloloskan resolusi yang menolak pembentukan negara Palestina karena dianggap membahayakan eksistensi.

“Pendirian negara Palestina di jantung Tanah Israel akan menimbulkan bahaya eksistensial bagi Negara Israel dan warganya, mengabadikan konflik Israel-Palestina, dan mengganggu stabilitas kawasan,” demikian pernyataan resolusi tersebut. (Z-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *