Kekeringan, Pengiriman Air Bersih dilakukan ke 3 Kabupaten di Jabar

Kekeringan, Pengiriman Air Bersih dilakukan ke 3 Kabupaten di Jabar


Kekeringan, Pengiriman Air Bersih dilakukan ke 3 Kabupaten di Jabar
Petani mengairi sawahnya yang kekeringan dengan mesin pompa air di Balongan, Indramayu.(Dok. Antara)

DISTRIBUSI air bersih terus dilakukan BPBD di sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar) untuk membantu warga yang mengalami krisis air bersih. Laporan kekeringan datang dari 3 kabupaten, yakni Kabupaten Bandung, Garut dan Pangandaran.

Di Kabupaten Bandung, air bersih sebanyak 25 ribu liter sudah didistribusikan ke Desa Ciheulang dan Sumber Sari, di Kecamatan Ciparay, serta ke Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari. Di ketiga desa itu, sebanyak 1.031 kepala keluarga atau 1.579 jiwa warga mengalami krisis air bersih.

“Sumur-sumur warga mengering. Bantuan air bersih terus didistribusikan sejak warga mengalami krisis pada pertengahan Agustus lalu,” papar Juru Bicara BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat.

Baca juga: 175 Hektare Sawah Kekeringan, Petani belum Dapat Pompa Air

Sementara itu, di Kabupaten Garut, krisis air bersih melanda 93 kepala keluarga atau 400 jiwa warga di Desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora. Distribusi air bersih terus dilakukan sebanyak 5.000 liter secara rutin.

Kekeringan juga menyebabkan 83 kepala keluarga atau 331 jiwa warga di 8 desa pada 3 kecamatan mengalami krisis air bersih. BPBD sudah mendistribusikan 405 ribu liter air bersih sejak daerah ini terdampak kekeringan pada 23 Agustus lalu.

Krisis Air bersih terjadi di Desa Selasari, Desa Cintaratu dan Desa Cintakarya di Kecamatan Parigi, Desa Batukaras, Desa Cibanten, Desa Kertayasa, dan Desa Margacinta di Kecamatan Cijulang, serta Desa Mangunjaya di Kecamatan Mangunjaya. (Z-9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *