Kodim 1611/Badung Bali Lakukan Penanaman Bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai

Kodim 1611Badung Bali Lakukan Penanaman Bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai


Kodim 1611/Badung Bali Lakukan Penanaman Bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai
Aksi penanaman mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai oleh Kodim 1611/Badung Bali (MI/HO)

KODIM tahun 1611/Badung Bali melakukan penanaman bakau dari jenis Ryzovora mucronata di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

Kegiatan itu dipimpin Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1611/Badung Letkol Czi Aditya Triwirawan, yang mewakili Dandim 1611/Badung Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan.

Aksi menanam mangrove itu diikuti sekitar 100 orang dan bertempat di Balai kelompok Nelayan Batu Lumbang Areal Hutan Mangrove Ngurah Rai Desa Pemogan Kecamatan Densel Kota Denpasar, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Indonesia dan Uni Emirat Arab Ground Breaking Pembangunan Pusat Penelitian Mangrove Dunia

Kegiatan diawali penanaman secara simbolis oleh Kasdim 1611/Badung, Basic Supervisor QNET Indonesia, Kadus Banjar Glogor Carik, dan Ketua LPMD Kota Denpasar dilanjutkan dengan penanaman secara serentak oleh anggota Kodim 1611/Badung Bali di sepanjang aliran sungai menuju laut dengan menggunakan Kano.

Dalam kesempatan tersebut Aditya menyampaikan bahwa mangrove atau bakau sebagai habitat penting bagi tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Dari sisi ekonomi, mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah atau biji untuk dibuat berbagai macam makanan atau minuman.

Baca juga: Sekjen KLHK Pimpin Penanaman Mangrove di Bali

Keberadaan hutan mangrove, lanjut Aditya, berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam, seperti halnya taman hutan raya Ngurah Rai dan taman hutan mangrove di Desa Pemogan.

“Mari kita satukan visi serta menjalankan misi perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan mangrove, maka dari itu pada kesempatan ini menjadi hari yang luar biasa bagi kita semua akan melaksanakan secara bersama-sama penanaman mangrove demi menjaga kelestarian lingkungan khususnya hutan bakau dan mari kita berkomitmen dalam menjaga Hutan Mangrove Sehat Laut Sejahtera,” tegas Aditya.

Sementara itu, Basic Supervisor QNET Indonesia Ganang Rindarko  menyampaikan bahwa kegiatan menanam mangrove telah dilakukan pihaknya secara berkelanjutan.

“Sudah 3 tahun ini kami sudah menanam dan merawat bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, dan selalu Bersama Kodim Badung Bali,” ujarnya.

“QNET sangat mendukung kelestarian lingkungan. Kegiatan penanaman bakau ini adalah salah satu upaya kami dalam merawat alam terutama Hutan Manggrove sehingga dapat mewujidkan Bali yang hijau maupun Indonesia Hijau dan kedepannya QNET akan selalu siap untuk bekerja sama dengan Kodim 1611/Badung maupun Pokmas Batu Lumbang, ” pungkas Ganang. (Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *