Ini Pengalihan Arus saat Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di GBK

Ini Pengalihan Arus saat Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di GBK


Ini Pengalihan Arus saat Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di GBK
Warga berjalan di depan dekorasi bergambar Paus Fransiskus yang terpasang di Gereja Katedral Jakarta(ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa lalu lintas saat kegiatan Misa Akbar dengan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Kamis, 5 September 2024. Rekayasa lalu lintas ini untuk mencegah kepadatan lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan rekayasa pertama akan dilakukan di seputaran GBK. Pengalihan arus dilakukan bila terjadi kepadatan di seputaran GBK.

“Nanti apabila memang padat di pintu 10 arah yang dari Gatot Subroto akan kita luruskan ke Slipi,” kata Latif di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, hari ini.

Baca juga: Umat Katolik yang akan Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus Diminta Datang dalam Kondisi Sehat

Latif menyebut masyarakat yang tidak berkepentingan ke arah GBK dan dari Manggala Wanabakti menuju Palmerah ke kanan akan diluruskan ke Tentara Pelajar. Begitu pula dari arah Selatan.

“Ini tentunya akan kita batasi betul nanti di Monalisa, di CSW yang tidak berkepentingan akan kita alihkan arus ke jalur depan Mabes Polri. Juga di Monalisa kita akan lewatkan ke Melawai,” ungkap Latif.

Namun, semua rekayasa lalu lintas ini disebutkan sangat situasional melihat situasi di lapangan. Selain melayani masyarakat yang melintas, polisi juga memastikan kegiatan kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta berjalan dengan baik.

Baca juga: 4730 Aparat Siap Amankan Agenda Kedatangan Paus Fransiskus Ke Jakarta

“Ini akan kita lakukan jajaran dilantas dan kita tadi sudah melaksanakan gelar pasukan. Kita besok akan melaksanakan apel jam 5 pagi (05.00 WIB Selasa, 3 September 2024),” ujar Latif.

Berikut pengalihan arus lalulintas di sekitar GBK secara situasional pada 5 September:

– Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi
– Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju arah Jalan Gerbang Pemuda
– Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi
– Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Cling Tuah Raya
– Arus lalu lintas dari arah jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar
– Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau
– Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

Misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus dilakukan pada Kamis, 5 September 2024. Akan ada 86 ribu lebih jemaat Katolik hadir di GBK. Paus dijadwalkan tiba di GBK pukul 17.00 WIB. Sementara itu, Umat Katolik diharapkan sudah masuk GBK dari pukul 10.00 WIB. (Yon/P-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *