Jusuf Kalla Sebut Kedatangan Paus Kehormatan Buat Indonesia

Jusuf Kalla Sebut Kedatangan Paus Kehormatan Buat Indonesia


Jusuf Kalla Sebut Kedatangan Paus Kehormatan Buat Indonesia
Jusuf Kalla berbicara pada seminar internasional di Ballroom Resort Unhas Makassar, Senin (2/9).(MI/Lina Herlina)

PEMIMPIN Tertinggi Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Vatikan. Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke kawasan Asia Pasifik, di antaranya ke Indonesia mulai Selasa (3/9) hingga Jumat (6/9).

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyebut, kedatangan Paus Fransiskus merupakan sebuah kehormatan bagi negara ini, sehingga masyarakat Indonesia harus menerima kedatangannya dengan baik.

“Meski penduduk Katolik tidak terlalu besar jumlahnya di Indonesia, namun tidak menjadi alasan bagi Indonesia untuk tidak menghormati Paus Fransiskus. Masyarakat Indonesia harus tetap toleran dan menghargai kedatangan pemimpin Gereja Katolik Dunia itu,” ujarnya seusai menjadi narasumber pada Seminar Internasional Prinsip dan Karakter Bugis-Makassar 4 Etos 4 Jusuf di Ballroom Resort Unhas Makassar, Senin (2/9).

Baca juga: Mosaik Hati Indonesia Dibangun Khusus untuk Paus Fransikus, Simbol Keberagaman Indonesia

Bagi JK, panggilan akrabnya, kedatangan Paus akan berdampak posisif terhadap bangsa Indonesia. Sebab akan lebih mempererat hubungan antaragama dan perdamaian. “Paus itu selalu mendorong perdamaian,” tegas mantan Ketua IKA UNHAS ini.

Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa pada Selasa (3/9) 2024 pukul 11.30 WIB. Kemudian Rabu, (4/9), Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Di hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Baca juga: Ini Pengalihan Arus saat Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di GBK

Menjelang siang hari sekitar pukul 11.30 WIB, Paus melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Kemudian, pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan kaum muda dari Scholas Occurantes di Adolescence Heart Graha Pemuda Senayan. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *