Urutan Bacaan Dzikir Pagi, ini Makna dan Manfaat Amalannya

Urutan Bacaan Dzikir Pagi, Ini Makna dan Manfaat Amalannya


Urutan Bacaan Dzikir Pagi, Ini Makna dan Manfaat Amalannya
Berikut bacaan sholat subuh (freepik)

DZIKIR Pagi adalah serangkaian doa dan membaca yang dianjurkan diucapkan pada pagi hari, biasanya setelah shalat subuh, sebagai bentuk ibadah dan perlindungan dari Tuhan.

Dzikir pagi pada umumnya meliputi puji-pujian kepada Allah, mohon ampun, serta doa perlindungan dari keburukan dan keburukan sepanjang hari.

Beberapa bacaan yang sering dilakukan antara lain: bacaan Ayat Kursi, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, serta beberapa kalimat puji-pujian kepada Allah SWT dan shalawat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Baca juga: Pengajian Niat Sholat Subuh Perorangan dan Jamaah, Lengkap dengan Doa Qunut

Berikut urutan bacaan dzikir pagi

1. Membaca Ayat Kursi (QS Al-Baqarah: 255)

bacaan arab

Tuhan bukanlah Tuhan melainkan Dialah janggut nilai-nilai. Lelahnya izin-Nya ۚ Dia mengetahui apa yang ada di antara tangan mereka dan apa yang mereka berhasilkan. Dhuh ٔ Dia memelihara mereka, dan Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Bacaan Latin

Allaahu laa ilaaha illaa bi idznih ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai im. ' atas kehendak kursiyyuhus langit, dan kami adalah 'ulmihii para hifdzuhumaa, dan huwal dari 'aliyyul 'azhiim.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Beserta Arti dan 12 Maknanya

Artinya

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal dan terus memelihara (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tertidur. Kepunyaan-Nya segala yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada seorang pun yang bisa menjadi perantara dengan Tuhan tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa yang ada di depan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui ilmu Allah kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Tahta Tuhan meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa kesulitan untuk melestarikan keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas (masing-masing 3 kali)

Surat Al-Ikhlas

bacaan arab

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Latin dan Artinya

Katakanlah: Dialah Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Kekal, Dia tidak memperanakkan dan Dia tidak diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya.

Bacaan Latin

Qul huwa Allahu ahad, Allahus samad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Berikut Makna Praktisnya

Dialah Tuhan, Yang Esa dan Tunggal. Allah adalah Tuhan yang menjadi sandaran segala sesuatu. Dia tidak memperanakkan dan tidak memperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya.

Surat Al-Falaq

bacaan arab

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pencipta dari keburukan makhluk yang Dia ciptakan, dan dari keburukan orang yang iri kepadamu ketika dia mendekatimu, dan dari keburukan meniup simpul, dan dari keburukan alam. orang yang iri ketika dia iri.”

Bacaan Latin

A'udzu birabbil falaq, apa yang terjadi pada sang pencipta, dan apa yang terjadi pada orang miskin menjadi waqab, dan apa yang terjadi pada naffaatsaati di 'uqad, dan apa yang terjadi pada hasidin menjadi iri.

Artinya

Aku berlindung kepada Allah yang mengatur fajar, dari kejahatan makhluk-Nya, dari kejahatan malam ketika gelap gulita, dari kejahatan penyihir yang meniup bara api, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki ketika dia berada. iri.

Surat An-Nas

bacaan arab

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan umat manusia, Raja umat manusia, Tuhan umat manusia, dari kejahatan para pembisik penipu yang membisikkan ke dalam dada umat manusia, dari surga dan umat manusia.”

Bacaan Latin

Qul A'udzu birabbin naas, malikin naas, ilaahin naas, min syarril waswaasil khannaas, alladzii yuwaswisu fii shuduurinn naas, minal jinnati wannaas.

Artinya

Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) umat manusia, Raja umat manusia, Yang Maha Adil bagi umat manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.

3. Subhanallah wa bihamdih (100 kali)

bacaan arab

Maha Suci Allah dan puji bagi-Nya

Bacaan Latin

Subhanallah wa bihamdih

Artinya

Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.

4. L. a. ilaha illallah, wahdahu l. a. syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (10 atau 100 kali)

bacaan arab

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Dia tidak mempunyai sekutu bagi-Nya, dan milik-Nya segala puji, dan Dia Mahakuasa dalam segala hal.

Bacaan Latin

L. a. ilaha illallah, wahdahu l. a. syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.

Artinya

Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, Dia tidak mempunyai sekutu. Bagi-Nyalah kerajaan dan segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

5. Bacaan istighfar: Astaghfirullah (minimum 3 kali)

bacaan arab

Saya mohon ampun kepada Tuhan

Bacaan Latin

Astaghfirullah

Artinya

Saya mohon ampun kepada Tuhan.

6. Shalawat Nabi : Allahumma Shalli 'ala Sayyidina Muhammad

bacaan arab

Semoga Allah memberkati tuan kita Muhammad

Bacaan Latin

Allahumma shalli 'ala Sayyidina Muhammad

Artinya

Ya Allah, limpahkanlah keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW.

Dzikir ini dapat dibaca setiap pagi untuk perlindungan, keberkahan, dan ketenangan hati.

Arti dzikir pagi adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan di awal hari untuk mengingat Allah, mengakui kebesaran-Nya, dan memohon perlindungan dan keberkahan.

Dzikir ini mengajarkan sikap tawakkal, keikhlasan, dan ketenangan dalam menghadapi tantangan sepanjang hari.

Melalui bacaan dzikir pagi, seorang hamba mempertegas keyakinan akan kuasa Allah, memohon ampunan, dan perlindungan dari segala keburukan yang bisa terjadi. Dzikir ini juga menjadi sarana memperkuat hubungan non secular dengan Allah setiap hari.

Manfaat Dzikir Pagi

  1. Mendatangkan ketenangan hati.
  2. Perlindungan dari gangguan setan dan kejahatan sepanjang hari.
  3. Meningkatkan keimanan dan kedekatan dengan Tuhan.
  4. Dapatkan pahala dan ridha Allah.
  5. Membantu memulai hari dengan pikiran yang positif dan penuh rasa syukur. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *