7 Bahaya Motor tidak Pernah Diservis

7 Bahaya Motor tidak Pernah Diservis


7 Bahaya Motor tidak Pernah Diservis
Berikut bahaya motor tak pernah diservis(freepik)

MEMILIKI kendaraan motor yang sehat tentunya menjadi keinginan setiap pengendara. Namun untuk bisa memilikinya tentu perlu dilakukan perawatan secara rutin.

Merawat motor tidak hanya dilakukan servis secara rutin saja, namun perlu diperhatikan juga beberapa phase lainnya yang ada di kendaraan.

Umumnya melakukan servis motor setiap dua sampai tiga bulan sekali. Tetapi untuk mengganti phase bisa lebih cepat dari waktu servis.

Baca juga: Jangan Disepelekan, ini 6 Bahaya Telat Ganti Oli Motor

Jika sepeda motor tidak pernah diservis secara rutin, hal ini dapat menimbulkan berbagai bahaya dan masalah serius, baik bagi kendaraan maupun keselamatan pengendara.

Berikut 7 Bahaya Motor tak Pernah Diservis

1. Kerusakan Mesin

Mesin sepeda motor membutuhkan perawatan seperti penggantian oli secara berkala. Jika tidak pernah diservis, oli mesin bisa menjadi kotor atau habis, sehingga mesin bekerja dengan keras dan dapat menyebabkan kerusakan serius, termasuk overheating dan kegagalan komponen inside seperti piston dan silinder.

2. Rem Tidak Berfungsi Dengan Baik

Komponen rem perlu diperiksa secara berkala. Tanpa servis, kampas rem bisa aus tanpa disadari, menyebabkan rem tidak berfungsi dengan maksimal. Ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: 7 Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Begini Dampaknya ke Mesin

3. Ban Cepat Rusak

Ban juga perlu diperiksa tekanan dan kondisinya. Tanpa perawatan, ban bisa kehilangan tekanan udara, mengalami keausan yang tidak merata, atau bahkan pecah saat digunakan, yang bisa menyebabkan kecelakaan parah.

4. Sistem Kelistrikan Bermasalah

Sistem kelistrikan pada motor, seperti aki, lampu, dan kabel-kabel, perlu dicek secara rutin. Jika dibiarkan tanpa servis, aki bisa mati, dan lampu serta komponen penting lainnya seperti sinyal belok bisa tidak berfungsi dengan baik, yang dapat membahayakan pengendara di jalan.

5. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Boros

Mesin yang tidak dirawat dengan baik, seperti clear out udara yang kotor atau karburator yang tidak disetel, bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu, performa motor akan menurun.

Baca juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Motor, ini 5 Bahayanya ke Mesin

6. Suspensi Tidak Optimum

Suspensi motor seperti shockbreaker bisa aus atau rusak jika tidak pernah diperiksa. Hal ini mengurangi kenyamanan dan stabilitas saat berkendara, terutama di jalan yang tidak rata, dan bisa menyebabkan kecelakaan karena kurangnya kontrol terhadap kendaraan.

7. Potensi Kecelakaan Lebih Tinggi

Motor yang tidak pernah diservis lebih rentan mengalami kegagalan mekanis, seperti kerusakan pada rem, ban pecah, atau mesin mati mendadak. Kondisi ini bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Dengan melakukan servis secara rutin, semua komponen motor dapat bekerja dengan optimum, sehingga mencegah kerusakan serius dan menjaga keselamatan berkendara. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *