US Open: Jessica Pegula Tantang Aryna Sabalenka di Final

AS Terbuka Jessica Pegula Tantang Aryna Sabalenka di Ultimate


AS Terbuka: Jessica Pegula Tantang Aryna Sabalenka di Final
Jessica Pegula(instagram @jpegula)

Jessica Pegula baru masuk jajaran 100 besar petenis dunia pada 2019, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-25. Selama satu dekade dalam kariernya, ia telah menjalani dua operasi yang menyebabkan peringkatnya anjlok hingga ke posisi 775.

Sejauh ini, ia telah tampil enam kali di perempat ultimate tinggal putri turnamen besar, dan semuanya gagal. Kini, di usianya yang ke-30, pemain asli Buffalo, New York itu, akan bersaing untuk memperebutkan gelar tunggal Grand Slam pertamanya di turnamen AS Terbuka.

Dalam pertandingan semifinal Kamis (5/9) atau Jumat pagi WIB tadi,  ia bangkit dari kekalahan di set pertama dan kehilangan spoil di set kedua,  untuk mengalahkan Karolina Muchova 1-6, 6-4, dan 6-2.

Baca juga: Aryna Sabalenka Juara Cincinnati Terbuka

“Semua bermuara pada momen-momen kecil yang membalikkan momentum,” kata Pegula dalam wawancaranya di lapangan setelah pertandingan seperti dilansir situs resmi turnamen. “Saya kalah tipis, tetapi ia (Muchova) memang bermain dengan sangat baik. Ia membuat saya terlihat seperti pemula. Saya hampir menangis, karena itu memalukan.”

“Saya mampu menemukan cara, menemukan adrenalin, menemukan langkah saya. Kemudian, di akhir set kedua menuju set ketiga, saya mulai bermain seperti yang saya inginkan,” imbuhnya.

Muchova dan Pegula merupakan satu-satunya pemain yang tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanan menuju semifinal. Pertandingan berlangsung ketat selama tiga set dan memakan waktu selama 2 jam 20 menit.

Baca juga: Swiatek Kalahkan Sabalenka di Semifinal WTA Finals

Meskipun petenis Ceko itu berperingkat lebih rendah, dia memiliki lebih banyak pengalaman setelah tampil di tiga semifinal utama, lebih banyak daripada petenis Amerika Serikat tersebut.

Pengalaman itu membuahkan hasil pada awalnya. Muchova menyelamatkan tiga titik putus di awal provider permainan keduanya. Kemudian ia menguasai setiap sudut lapangan dengan sangat baik, maju ke depan, memukul slice, melakukan servis, dan melakukan pukulan voli. Di set itu ia menang mudah 6-1.

Di set kedua, Pegula berusaha keras mengimbangi. Namun, sebelum ia bisa melakukannya, Muchova berlari cepat untuk memimpin 2-0 dan hampir meraih istirahat ganda. Saat petenis Ceko itu terus menyerang ke depan, Pegula mulai bertahan dan memukul dengan lebih kuat.

Baca juga: WTA Finals: Sabalenka Hadapi Swiatek, Pegula Lawan Gauff

ia menempatkan bola ke kaki lawannya untuk memaksa melakukan kesalahan dan menyamakan kedudukan. Petenis Amerika itu terus bersikap agresif dan menang 6-4.

Di set ketiga atau set penentuan Pegula langsung melakukan spoil setelah melakukan beberapa pengembalian bola yang dalam. Muchova mengimbangi petenis Amerika Serikat itu pada hampir setiap permainan servis berikutnya, mengejar defisit 0-40.

Saat kedudukan 4-2, Muchova memiliki peluang terbaiknya untuk menyamakan kedudukan melalui beberapa percobaan jusnamun gagal. Pegula malah unggul 5-2, lalu melakukan spoil pada recreation berikutnya untuk melaju ke ultimate Grand Slam pertamanya. Selanjutnya, ia akan menantang petenis Belarus, Aryna Sabalenka(M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *