Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Ringan hingga Sedang di Seluruh Wilayah Indonesia pada 8 September

Prakiraan Cuaca BMKG Hujan Ringan hingga Sedang di Seluruh Wilayah Indonesia pada 8 September


Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Ringan hingga Sedang di Seluruh Wilayah Indonesia pada 8 September
Pada Minggu, 8 September, BMKG memprediksi cuaca di Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. (freepik)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan secara umum wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Minggu (8/9).

Di Pulau Sumatra, wilayah Pekanbaru diprediksi berawan tebal dan Banda Aceh diprakirakan hujan ringan. Waspada akan terjadi hujan lebat di wilayah Medan. Sementara wilayah Tanjung Pinang dan Padang diprediksi hujan disertai petir.

Masih di Pulau Sumatra, untuk wilayah Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Lampung  diprediksi terdapat hujan ringan. Sementara wilayah Palembang diprakirakan turun hujan disertai petir.

Baca juga: Perkiraan Cuaca Senin, 26 Agustus 2024, Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan

Beralih ke Pulau Jawa, untuk wilayah Semarang dan Surabaya diprakirakan berawan tebal. Sedangkan untuk wilayah Jakarta, Serang, Bandung dan Yogyakarta diprediksi hujan ringan.

Selanjutnya di Bali dan Nusa Tenggara, untuk wilayah Denpasar diprediksi berawan. Wilayah Kupang diprakirakan berawan tebal. Untuk wilayah Mataram akan terdapat hujan ringan.

Beralih ke Pulau Kalimantan, untuk wilayah Tanjung Selor dan Samarinda diprediksi hujan ringan. Wilayah Palangkaraya diprakirakan hujan sedang. Sementara untuk wilayah Pontianak dan Banjarmasin perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Minggu 25 Agustus 2024, Beberapa Wilayah di Indonesia akan Turun Hujan

Bergeser ke Pulau Sulawesi untuk wilayah Gorontalo diprediksi berawan tebal. Selanjutnya, akan terdapat hujan ringan di wilayah Makasar, Palu, dan Kendari. Untuk wilayah Mamuju dan Manado diprakirakan hujan sedang.

Terakhir wilayah Indonesia bagian Timur. Di wilayah Merauke diprediksi berawan tebal. Akan terdapat hujan ringan di wilayah Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura. Selanjutnya, wilayah Jayawijaya dan Nabire diprediksi turun hujan dengan intensitas sedang. Di Sorong perlu diwaspadai turun hujan disertai petir.

BMKG juga memprediksi angin di wilayah Indonesia secara umum didominasi dari arah arah Timur Tenggara, dengan kisaran kecepatan antara 10 sampai 50 kilometer according to jam.

Baca juga: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diprakirakan Akan Diguyur Hujan

Suhu udara di sejumlah wilayah di Indonesia umumnya berkisar 16-36 derajat celcius. Sedangkan untuk kelembaban udara berkisar antara 43% hingga 100%.

BMKG juga mengingatkan masyarakat waspada kebakaran. Terutama wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar di sebagian besar pulau Sumatra (kecuali Sumatra Utara dan Padang), pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, wilayah Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan sebagian kecil Papua Selatan.

Selanjutnya diperkirakan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai gelombong laut lebih dari 2,5 meter Samudera Hindia Barat Daya Sumatera hingga Nusa Tenggara Barat.

Waspadai juga potensi banjir ROB di wilayah pesisir Sumatra Utara. (Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *