6 Manfaat Durian untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Durian untuk Ibu Hamil


6 Manfaat Durian untuk Ibu Hamil
Berikut manfaat dari buah durian(freepik)

DURIAN adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, dikenal karena aroma yang sangat kuat dan rasa yang khas.

Buah ini sering dijuluki sebagai “raja buah” karena ukurannya yang besar, kulitnya yang berduri tajam, dan daging buahnya yang lembut serta manis.

Durian memiliki aroma yang kuat, yang sering kali dianggap menyengat atau tidak disukai oleh sebagian orang, tetapi sangat dihargai oleh penggemarnya.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung

Durian sering dimakan secara langsung, tetapi juga diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti es krim, kue, dan dodol. Bahkan di beberapa negara, durian juga digunakan dalam masakan tradisional.

Durian, meskipun kontroversial bagi ibu hamil karena kandungan kalorinya yang tinggi, memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Berikut 6 Manfaat Durian untuk Ibu Hamil

1. Sumber Energi

Durian mengandung karbohidrat, gula alami, dan kalori yang dapat membantu ibu hamil mendapatkan tambahan energi, terutama saat merasa lelah atau lesu.

Baca juga: 7 Manfaat Durian bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Penuaan Dini

2. Kaya Serat

Serat dalam durian membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan keluhan umum pada ibu hamil.

3. Mengandung Antioksidan

Durian kaya akan diet C, yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan melawan radikal bebas yang dapat membahayakan sel-sel tubuh.

4. Sumber Folat

Folat atau diet B9 sangat penting bagi ibu hamil karena berperan dalam perkembangan otak dan saraf janin, serta membantu mencegah cacat tabung saraf.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Ibu Hamil

5. Kandungan Lemak Sehat

Durian mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, yang baik untuk perkembangan otak janin.

6. Meningkatkan Temper

Durian mengandung triptofan, yang dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres atau kecemasan selama kehamilan.

Perlu diketahui, meskipun durian memiliki manfaat, ibu hamil sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat terbatas. Durian tinggi kalori dan gula, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan berlebih atau kadar gula darah yang tinggi. Hal ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes gestasional atau masalah kesehatan lainnya.

Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi durian selama kehamilan. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *