Akan Rilis Album pada November, Mxmtoon Luncurkan Single The Situation

Akan Rilis Album pada November, Mxmtoon Luncurkan Unmarried The State of affairs


Akan Rilis Album pada November, Mxmtoon Luncurkan Single The Situation
Mxmtoon(MI/HO)

PENYANYI sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat (AS), Mxmtoon mengumumkan album ketiganya, Liminal House akan dirilis pada 1 November mendatang.

Dirilis melalui AWAL, album terbaru Mxmtoon itu akan memperlihatkan kemampuan penulisan liriknya yang semakin berkembang dewasa, setelah sebelumnya gaya penulisan personalnya telah berhasil mendatangkan jutaan pendengar dan juga penggemar setia yang kini telah tersebar di seluruh dunia.

Dengan membawa tema hidup dalam sebuah ketidakpastian dalam memasuki umur dewasa yang kemudian dikemas dengan musik bergenre indie-pop, Liminal House siap menjadi proyek musik mxmtoon yang paling introspektif hingga saat ini.

Baca juga: Lady Gaga Bocorkan Tanggal Perilisan Single Pertama dari Album Baru

Mxmtoon mengatakan “Selama dua tahun ke belakang ini, setelah aku merilis album keduaku, aku sempat merasa terombang-ambing di situasi yang sering kali terasa tidak ada ujungnya. Rasanya mudah sekali untuk bisa terjebak dalam sesuatu yang sepenuhnya belum bisa mengerti, dan, pada waktu itu, aku sering sekali dilemparkan oleh berbagai macam pertanyaan yang di mana aku tidak tahu jawabannya, jadi selama masa ketidakpastian itu, aku memutuskan untuk menulis lagu-lagu ini. Sebisa mungkin, aku mencoba untuk mengerti bagaimana aku akhirnya bisa menjalani peran yang telah diberikan dalam hidupku, dan terkadang bagaimana aku gagal mengikutinya.”

Di Liminal House, Mxmtoon berkolaborasi dengan tim produksi yang diisi oleh perempuan semua, dari mulai penulis lagu, engineer rekaman, produser musik, fotografer sampai desainer baju Kang Hee Kim.

Bagi Mxmtoon, memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan tim yang berisi perempuan semua membuat penggarapan album ini lebih berarti.

Baca juga: Camila Cabello Bocorkan Lagu Barunya, Godspeed

“Liminal House adalah album untuk bagi orang-orang yang memiliki kesulitan untuk mengendalikan hidup mereka dan sedang terhanyut dalam perasaan pedih manisnya tersesat dalam sebuah lorong yang rasanya seperti tidak ada ujung akhirnya,” tegasnya

Mxmtoon juga memberikan sebuah kejutan bagi penggemarnya dengan merilis sebuah lajang baru yang menampilkan Sarah Bonito dari band electro-indie-pop asal Inggris Kero Kero Bonito berjudul The State of affairs.

Dengan lirik yang cukup jenaka dibalut irama ceria dan petikan gitar akustik, lagu ini memberikan komentar jenaka tentang apa yang kita rasakan saat merasa sudah melewati masa prima dalam hidup.

Baca juga: Pamungkas Rilis Album Kelima, Hardcore Romance, dengan Single Andalan Fight Some More

Terlepas dari tema yang diangkat, The State of affairs tetap berhasil menunjukkan kemampuan mxmtoon dalam menciptakan lagu pop yang catchy.

“Apa lagi bisa aku katakan, kita semua bertambah tua, lalu pada akhirnya kita juga akan mati, dan tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah fakta ini. Banyak lagu di album ini langsung membahas konsep masa muda perempuan dan siklus kehidupan. Aku berusia dua puluh tiga tahun ketika menulis The State of affairs, dan aku merasa tumbuh dengan gagasan bahwa usia dua puluhan adalah masa paling menarik dan paling menyenangkan dalam hidupku,” ungkap Mxmtoon.

“Masyarakat secara keseluruhan sangat mendorong narasi bahwa jika seorang perempuan telah mencapai puncaknya baik itu dalam karir atau apa, pasti setelahnya diasumsikan akan menurun seumur hidup mereka… dan menurutku itu sangat konyol. Aku selalu suka menggunakan sedikit sarkasme saat menulis lagu yang cenderung cukup emosional, dan ‘the placement’ adalah kesempatan sempurna untuk menertawakan betapa bodohnya pemikiran itu. Bekerja sama dengan Kero Kero Bonito (KKB) di lagu ini telah lama menjadi impianku dan kini berhasil menjadi kenyataan. Aku sudah mendengarkan KKB sejak 2013, dan vokal Sarah selalu terngiang di kepalaku sejak Intro Bonito. Kontribusinya berhasil menyempurnakan lagu ini dan tentunya membuat lagu ini semakin ceria padahal intinya tentang kematian! Dia luar biasa,” tambahnya.

Baca juga: Mxmtoon Rilis Video Musik I Hate Texas

Unmarried pertama dari album mendatangnya, I Hate Texas telah dirilis Agustus lalu. I Hate Texas merupakan lagu yang diwarnai dengan iringan biola yang indah dan ditulis bersama rekan sesama musisi, underscores.

Pada lagu tersebut, Mxmtoon memberikan sebuah gambaran fantasi tentang melarikan diri setelah putus cinta, lengkap dengan lirik-lirik puitis yang manis seperti “I have not left my rental in an actual very long time / I am making buddies with the celebrities at night time” hingga penggalan liriknya yang jujur “i  hate texas / However the exits have extra space to run clear of you”

Sejak berumur 17 tahun, Mxmtoon secara konsisten telah menulis lagu-lagu pop yang merangkum perasaan-perasaan kompleks yang kerap kita sembunyikan dari dunia.

Penyanyi yang berasal dari Oakland yang saat ini tinggal di Nashville ini telah memenangkan hati banyak pencinta musik di seluruh dunia, dengan kini memiliki negara-negara di Asia pada daftar streaming teratasnya termasuk Filipina di posisi #4, Indonesia di nomor #8, India di nomor #12, dan Malaysia di nomor #17.

Kesuksesan Mxmtoon akhirnya juga berhasil membuatnya berkolaborasi dengan nama-nama seperti Carly Rae Jepsen dan Noah Kahan.

Tidak hanya musik, Mxmtoon juga telah merambah ke dunia podcast dan menjadi seorang penulis novel grafis juga. (Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *