Wapres: Infrastruktur Jalan Bukan Hanya untuk Orang Kaya

Wapres Infrastruktur Jalan Bukan Hanya untuk Orang Kaya


Wapres: Infrastruktur Jalan Bukan Hanya untuk Orang Kaya
Wakil Presiden Maruf Amin.(MI/Agus Mulyawan)

INFRASTRUKTUR jalan dan pasar jadi kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Konektivitas yang baik mempermudah akses serta memungkinkan arus barang, jasa, dan informasi bergerak lebih cepat dan efisien.

Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah/Inpres Jalan Daerah (IJD) dan revitalisasi pasar menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah dalam menyediakan pembangunan yang merata bagi seluruh masyarakat.

“Jadi (infrastruktur jalan dan pasar) ini komitmen pemerintah melakukan pembangunan tidak hanya untuk orang-orang kaya, tetapi juga untuk semua orang, termasuk bagi yang miskin, tidak hanya membangun jalan tol dan mal saja, tetapi justru pasar rakyat, dan jalan daerah,” tegas Wakil Presiden (Wapres) Ok.H Ma’ruf Amin saat meresmikan Pasar Toboali dan IJD 2023, di Bangka Belitung (Babel), Selasa (10/9).

Baca juga: Naik Heli, Wapres Resmikan Revitalisasi Pasar Toboali Bangka Belitung

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun jalan daerah untuk meningkatkan konektivitas pusat-pusat ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan adanya Inpres Jalan Daerah ini diharapkan sentra-sentra ekonomi semakin terhubung, biaya logistik dan waktu tempuh dapat dikurangi, sehingga turut mendukung pemerataan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wapres.

Dalam arahannya, Ma’ruf juga menekankan pentingnya pemanfaatan infrastruktur yang baru saja diresmikan agar memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

Baca juga: Diresmikan Wapres, Pasar Encik Puan Perak Harus Jadi Pusat Penggerak Ekonomi

“Keberadaan Pasar Toboali dan proyek Inpres Jalan Daerah harus memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Pastikan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat revitalisasi pasar dan jalan daerah yang dibangun,” lanjutnya.

Selain itu, Wapres mengimbau baik pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar dapat digunakan dalam jangka panjang.

“Mari kita jaga kebersihan dan ketertiban lingkungan pasar sehingga menjadi daya tarik bagi pembeli, dan turut meningkatkan kesejahteraan para pedagang. Begitu juga dengan ruas jalan yang telah dibangun. Pastikan jalan dipelihara dengan baik sehingga dapat bertahan lama,” tegasnya.

Ma’ruf juga menyoroti pentingnya kolaborasi antar kementerian, lembaga, dan sektor swasta dalam pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah pusat dan daerah perlu bersinergi dalam pengintegrasian kebijakan yang memperhatikan kebutuhan masyarakat secara holistik, serta menciptakan iklim investasi yang kondusif,” tandas Ma’ruf. (P-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *