Taylor Swift Dukung Kamala Harris dalam Pemilihan Presiden 2024

Taylor Swift Dukung Kamala Harris dalam Pemilihan Presiden 2024


Taylor Swift Dukung Kamala Harris dalam Pemilihan Presiden 2024
Taylor Swift secara resmi menyatakan dukungannya untuk Kamala Harris sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024, sesaat setelah debat presiden melawan Donald Trump. (Instagram)

PENYANYI Penyanyi Taylor Swift menyatakan dukungan kepada Kamala Harris sebagai presiden, hanya beberapa saat setelah debat presiden melawan Donald Trump berakhir. Dalam sebuah postingan Instagram pada Selasa malam, penyanyi pop itu mengatakan ia telah melakukan “penelitian”.

“Saya akan memberikan suara saya untuk Kamala Harris dan Tim Walz dalam Pemilihan Presiden 2024,” tulisnya. “Saya memilih @kamalaharris karena dia memperjuangkan hak-hak dan isu-isu yang saya yakini membutuhkan seorang pejuang untuk memperjuangkannya.”

Swift juga menyebut Harris sebagai “pemimpin berbakat yang tegas”. “Saya percaya kita dapat mencapai lebih banyak di negara ini jika dipimpin oleh ketenangan, bukan kekacauan,” tulisnya.

Baca juga: Putin Dukung Harris, Trump: Saya tidak Tahu Harus Bagaimana

Swift mengumumkan dukungannya dengan mengunggah foto dirinya bersama seekor kucing dan menandatanganinya sebagai “Perempuan Pemilik Kucing yang Tak Punya Anak”, sebuah referensi terhadap komentar yang dibuat kandidat wakil presiden Donald Trump, JD Vance. Senator Ohio tersebut pernah mendapat kritik keras atas sebuah klip tahun 2021 di mana ia menyebut beberapa tokoh Demokrat, termasuk Harris, sebagai “sekelompok perempuan tak punya anak yang menyedihkan dengan kehidupan mereka sendiri.”

Swift juga memuji pilihan Harris untuk calon wakil presiden, Gubernur Minnesota Tim Walz, yang katanya telah “berjuang untuk hak LGBTQ+, IVF, dan hak perempuan atas tubuh mereka sendiri selama puluhan tahun.”

Penyanyi tersebut mengatakan salah satu motivasinya membagikan keputusan suaranya kepada publik, karena sebuah gambar AI yang palsu menunjukkan dia mendukung Trump diunggah di situs internet Trump.

Baca juga: Gedung Putih: Putin Harus Berhenti Bicara Pilpres AS

“Itu benar-benar membangkitkan ketakutan saya tentang AI dan bahaya penyebaran informasi yang salah,” katanya. “Ini membawa saya pada kesimpulan bahwa saya harus sangat transparan tentang rencana saya sebenarnya dalam pemilihan ini sebagai seorang pemilih.”

Swift adalah salah satu dari beberapa selebritas yang mendukung Harris, termasuk penyanyi John Legend dan Olivia Rodrigo, aktor George Clooney, dan sutradara Spike Lee. Sementara itu, mantan pegulat Hulk Hogan, bintang TV Amber Rose, dan miliarder Elon Musk mendukung Trump.

Dukungan Swift kepada Harris datang setelah debat presiden yang berlangsung selama 90 menit, di mana kedua kandidat berdebat mengenai isu-isu seperti hak aborsi, ekonomi, dan imigrasi.

Baca juga: Putin Pilih Kamala Harris ketimbang Donald Trump, Kenapa?

Ini bukan pertama kalinya Swift mendukung calon dari Partai Demokrat dalam pemilihan melawan Trump. Swift mengumumkan dukungannya untuk Presiden Joe Biden dan Harris sebagai wakilnya sebulan sebelum Pemilihan Presiden 2020. Swift juga menjadi kritikus vokal terhadap Trump selama kepresidenannya, terutama terkait protes nasional akibat pembunuhan George Floyd oleh polisi.

“Setelah mengobarkan api supremasi kulit putih dan rasisme sepanjang masa kepresidenanmu, kamu berani-beraninya berpura-pura memiliki ethical awesome sebelum mengancam kekerasan?” tulisnya di Twitter/X. “Kami akan menyingkirkanmu di bulan November.”

Penyanyi tersebut memiliki 283 juta pengikut di Instagram. Dukungannya untuk Harris mendapat lebih dari dua juta suka dalam waktu setengah jam setelah diunggah. Dalam postingannya, Swift juga mengimbau para pemilih pemula untuk mendaftar dan mengatakan bahwa dia akan membagikan tautan dengan informasi lebih lanjut tentang pemilihan di halaman Instagram-nya.

“Saya sudah melakukan penelitian, dan saya telah membuat pilihan saya,” katanya. “Penelitian Anda adalah milik Anda, dan pilihan adalah hak Anda untuk dibuat.” (BBC/Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *