Ini Respons Menpora Soal Dugaan Penyelewengan Dana PON Aceh-Sumut

Ini Respons Menpora Soal Dugaan Penyelewengan Dana PON Aceh-Sumut


Ini Respons Menpora Soal Dugaan Penyelewengan Dana PON Aceh-Sumut
Suasana pesta kembang api pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/9/2024) ..(Antara Foto/Arnas Padda)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo merespons terkait adanya dugaan penyelewengan dana penyelenggaraan PON di Sumatera Utara (Sumut).

Dito mengatakan pihaknya menerima sejumlah laporan mengenai dugaan penyelewengan itu. “Ya, itu kan yang beredar di sosial media itu karena ada beberapa yang dikirim nasi boks. Nampaknya isinya seperti kurang dan juga ada yang seperti tadi saya sampaikan infrastruktur akses itu seperti belum siap,” ucap Dito, Kamis (12/9).

“Tentunya laporan-laporan seperti ini harus kita klarifikasi dan crosscheck apakah itu fakta atau tidak,” sambung dia.

Baca juga: Klaim Fasilitas PON Aceh-Sumut Hampir Selesai 100%.

Jika dugaan penyelewengan dana PON tersebut fakta, Dito akan akan melapor ke Satgas Tata Kelola yang dipimpin oleh Wakil Jaksa Agung, Feri Wibisono.

“Jadi saya meminta masyarakat baik itu suporter, masyarakat yang peduli dan juga semua peserta PON Pasti kami akan mem-backup dan juga membela hak-hak kalian semua Jadi ini pasti penjagaannya ketat dan yang paling penting tadi saya sampaikan ulang, saya ingin menjadikan PON ini sukses administrasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan perintah pembentukan satgas untuk PON. Satgas tersebut berisikan sejumlah aparat penegak hukum, termasuk Wakil Jaksa Agung yang menjadi Kepala Satgas untuk Pendampingan Tata Kelola.

“PON ini ada Satgas Nomor 24 Tahun 2024 yang dikeluarkan Bapak Presiden beberapa bulan lalu. Di dalamnya itu sudah juga termasuk Satgas untuk pendampingan tata kelola di mana dikepalai oleh Wakil Jaksa Agung, beserta penegak hukum lainnya dan untuk masalah ini,” tutur Dito. (J-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *