Menlu Belanda Disambut Tradisi Minang pada Resepsi Diplomatik HUT RI

Menlu Belanda Disambut Tradisi Minang pada Resepsi Diplomatik HUT RI


Menlu Belanda Disambut Tradisi Minang pada Resepsi Diplomatik HUT RI
Tradisi penyambutan dari Sumatra Barat dengan musik reside Talempong digelar untuk menghormati kedatangan Menlu Belanda dalam resepsi.(Dok KBRI Den Haag)

RESEPSI diplomatik dalam rangka peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang setiap tahun diselenggarakan di Wisma Duta Wassenaar kali ini menjadi istimewa dengan kehadiran Menteri Luar Negeri (Menlu) Belanda Caspar Veldkamp. Menlu Caspar baru saja dilantik dalam Kabinet Pemerintahan PM Dick Schoof pada Juli lalu. Kehadirannya pada acara resepsi ini bermakna signifikan bagi peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral RI-Belanda.

Tradisi penyambutan dari Sumatra Barat dengan musik reside Talempong digelar untuk menghormati kedatangan Menlu Belanda dalam resepsi. Duta Besar Mayerfas sebagai tuan rumah mendampingi Menlu Caspar menerima ramuan sirih dari penari Pasambahan diiringi lantunan pantun adat Minang.

Dubes Mayerfas dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Menlu Caspar menunjukkan komitmen Belanda terhadap hubungan kedua negara. Dubes meyakini bahwa selama masa jabatan Menlu Caspar, kerja sama bilateral akan terus berkembang kuat dalam kerangka kemitraan komprehensif.

Baca juga: Menlu Retno: Saya tidak akan Pernah Lelah Mencintai Indonesia

Menlu Belanda menyampaikan ucapan selamat atas peringatan HUT RI dan apresiasi atas kehadiran Menlu RI Retno Marsudi dalam perayaan Hari Nasional Belanda di Jakarta. Menlu Caspar juga menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

Resepsi diplomatik tahun ini meriah dengan rangkaian pergelaran budaya Nusantara dari Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, dan Papua. Sederetan artis terkemuka dari Indonesia dan Belanda seperti Sandhy Soendoro dan Yosina Roemajauw turut menyemarakkan acara. Talenta muda dari kalangan mahasiswa Indonesia juga berpartisipasi, antara lain Annisa Retni dari ISBI Bandung dan Kasyfi and Nusantara Jazz Quintet via Jazzversity.

Lebih dari 30 pengusaha diaspora dan sejumlah BUMN ikut serta dalam kegiatan sebagai bagian dari upaya promosi produk Indonesia. Secara khusus, top rate model emblem dari Indonesia Sroja juga menggelar peragaan produk fesyen untuk diperkenalkan kepada lebih dari 900 tamu yang hadir dalam resepsi. (RO/Z-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *