Cegah Downtime, ExxonMobil Kenalkan Pelumasan Khusus Industri Pertambangan

Cegah Downtime, ExxonMobil Kenalkan Pelumasan Khusus Industri Pertambangan


Cegah Downtime, ExxonMobil Kenalkan Pelumasan Khusus Industri Pertambangan
Partisipasi PT ExxonMobil Lubricants Indonesiadalam pameran Mining Indonesia 2024.(Dok. PT ExxonMobil Lubricants Indonesia)

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat industri pertambangan masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia, in line with Agustus 2024. Pada kuartal II 2024, pertumbuhan ekonomi tertinggi tercatat di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua, utamanya didorong oleh industri pertambangan.

Namun, seiring dengan berkembangnya aktivitas pertambangan di Indonesia, terdapat tantangan operasional yang signifikan. Peralatan dan mesin pertambangan bekerja dalam kondisi ekstrem yang sering kali menyebabkan peningkatan risiko kerja, kebutuhan konsumsi energi tinggi, dan kemungkinan
waktu istirahat peralatan yang pada akhirnya dapat menurunkan produktivitas. Di samping itu, terdapat peningkatan adopsi teknologi penambangan cerdas yang menuntut penggunaan pelumas khusus dan canggih untuk mendukung operasional peralatan tambang fashionable.

“ExxonMobil memahami tantangan yang dihadapi industri pertambangan Indonesia. Karena itu, ExxonMobil menghadirkan solusi dan layanan pelumasan untuk meningkatkan efisiensi biaya, mengurangi waktu istirahatdan memperpanjang umur peralatan seperti Mobilgrease XHP™ 462, Mobil SHC™ Tools 22M & 46M, Mobilith SHC™ 220 Moly, Mobil Delvac Fashionable™ 15W-40 Tremendous FleetDan Mobil Delvac Fashionable™ Coolant Prolonged Existence Able Combineserta layanan Analisis Pelumas MobilSMDan Analisis Gemuk MobilSM di pameran Mining Indonesia 2024,” papar Presiden Direktur PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) Syah Reza, Rabu (18/9).

Baca juga: BFI Dukung Pertumbuhan Ekonomi dengan Tingkatkan Fasilitas Industri Tambang

Ini menampilkan, Pelumas Mobil XHP™ 462 Molypelumas yang mengandung 3% molibdenum disulfida memberikan perlindungan terhadap keausan. Ada pula Mobil SHC™ Tools 22M & 46Mpelumas sintetis dirancang dengan paduan bahan dasar sintetis dan aditif eksklusif.

Dengan viskositas extremely tinggi, kedua pelumas itu dapat bekerja optimum pada beban dan suhu tinggi. Penggunaannya dapat memperpanjang masa pakai roda gigi, mengurangi waktu istirahatserta menekan biaya perawatan dan penggantian.

Semua inovasi itu, sambung Reza, untuk mendukung pertumbuhan sektor pertambangan Indonesia. Inovasi pelumasan pertambangan itu bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan operasi para pelaku industri.

Pihaknya juga ikut hadir dalam pameran Mining Indonesia 2024 pekan lalu sebagai bagian dari komitmen mendukung kemajuan industri pertambangan di Indonesia.

“Kami menghadirkan solusi pelumasan dan layanan inovatif yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan membantu industri pertambangan dalam menghadapi tantangan kompetitif di tingkat world,” ujar Syah Reza. (E-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *