PMI Manufaktur Jeblok Lagi, Menperin Sebut Kebijakan Internal Jadi Biang Keladinya

PMI Manufaktur Jeblok Lagi, Menperin Sebut Kebijakan Inner Jadi Biang Keladinya


PMI Manufaktur Jeblok Lagi, Menperin Sebut Kebijakan Internal Jadi Biang Keladinya
Pembuatan fasilitas instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di salah satu bengkel di Tangerang Selatan, Rabu (3/4/2024). S&P World baru saja merilis aktivitas manufaktur Indonesia yang mengalami kontraksi ke 48,9 pada Agustus 2024. Sebelumnya, PMI Manufak(MI/AGUNG WIBOWO)

MENTERI Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kinerja industri manufaktur nasional tidak selalu bergantung pada dinamika pasar world, tetapi juga dipengaruhi oleh kebijakan inside.

“Kenapa PMI turun? Artinya ada sesuatu yang memang harus kita lakukan sebagai bangsa terkait dengan kebijakan inside kita. Kebijakan inside kita ini harus bisa memberikan ruang tumbuh yang tinggi bagi industri dalam negeri,” ucap Agus saat ditemui setelah peresmian SMK-SMAK Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (18/9).

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengumumkan surplus neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2024 sebesar US$2,90 miliar. Akan tetapi, surplus neraca perdagangan tersebut dibarengi dengan Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur yang mengalami kontraksi pada periode yang sama.

Agus menilai perlunya peningkatan kolaborasi antarpihak sehingga industri manufaktur dapat tumbuh, misalnya dengan pemberian insentif dan pembatasan produk impor murah yang menggerus daya saing industri domestik.

“Tantangan yang dihadapi oleh industri manufaktur saat ini ialah masuknya barang impor. Impor ilegal misalnya, itu masalah tersendiri. Bisa juga barang impor prison yang harganya murah-murah, itu industri kita tidak bisa. Jadi ini akibat regulasi kita yang tidak pro-industri,” ujarnya.

Lembaga pemeringkat S&P World baru saja merilis aktivitas manufaktur Indonesia yang mengalami kontraksi ke 48,9 pada Agustus 2024. Sebelumnya, PMI Manufaktur Indonesia juga sudah mengalami kontraksi pada Juli 2024 di angka 49,3. (E-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *