Armand Maulana Dengarkan Semua Genre untuk Bikin Lagu

Armand Maulana Dengarkan Semua Style untuk Bikin Lagu


Armand Maulana Dengarkan Semua Genre untuk Bikin Lagu
Penyanyi Armand Maulana (kanan)(MI/Fathurrozak)

VOKALIS grup band Gigi Armand Maulana mengatakan untuk bisa memproduksi sebuah denganitu didapat referensi dari banyak genre musik. Menurut Armand, yang juga memiliki proyek solo, semakin banyak referensi maka akan memudahkan seseorang untuk mengaransemen dan menciptakan lagu baru.

“Kalau buat gue, semakin banyak mendengarkan lagu dari berbagai style makin banyak referensi untuk compose lagu. Misalnya gue senang rock, tapi sampai sekarang juga dengerin jazz, dangdut, pop. Elemen musik itu yang akan memperkaya ketika kita punya lagu atau dapat lagu dari seseorang, dan tahun cocoknya akan seperti apa nanti,” kata Armand Maulana saat tampil di Nowfest 2024 yang juga bertepatan dengan ulang tahun kedua Oppal, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (18/9).

Armand melanjutkan, musik saat ini sudah sangat pass style. Sehingga, ketika mendengarkan semakin banyak style, akan memperkarya ilmu tentang aransemen lagunya.

Baca juga: Ini Sederet Musisi Peraih Nominasi FFI 2023

Di samping itu, untuk tetap bisa eksis di industri musik hingga 30 tahun, menurut Armand, kunci pentingnya adalah menjaga sikap tetap membumi.

“Sepertinya yang punya karir panjang adalah orang-orang yang santai. Tenang saja, saat kamu turun panggung, kamu akan kembali menjadi manusia standard. Cuma di panggung saja yang dipuji,” kata Armand.

Ketika punya karya yang meledak dan viral, menurut Armand, jangan langsung membuat seseorang jadi jemawa.

“Aku sering ditelepon, tapi kalau sikapku buruk, nanti aku akan digosipkan, menyebarkan gosip yang tidak menyenangkan.” Malah jadi bumerang buat saya sendiri,” kata Armand. (M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *