Tingkatkan Kunjungan Perpustakaan, Pemkot Surabaya Tambah Koleksi Buku

Tingkatkan Kunjungan Perpustakaan, Pemkot Surabaya Tambah Koleksi Buku


Tingkatkan Kunjungan Perpustakaan, Pemkot Surabaya Tambah Koleksi Buku
Dua anak memilih buku yang disediakan di mobil perpustakaan keliling saat Automotive Unfastened Day di Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/8/2023)(ANTARA/Didik Suhartono)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Surabaya terus meningkatkan akses literasi masyarakat melalui pengembangan fasilitas dan program perpustakaan yang
inovatif.

Langkah ini sesuai dengan komitmen Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui penguatan budaya literasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya, Mia Santi Dewi, menuturkan, hingga saat ini, pihaknya mengelola dua perpustakaan dan 530 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya.

Baca juga: Perpusnas Dorong Konsep Pustaka Menjangkau Seluruh Pelosok Tanah Air

“Selain itu, terdapat pula 700 pojok baca dan layanan perpustakaan keliling yang dirancang untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas,” kata Mia Santi Dewi di Surabaya, Selasa (17/9).

Menurut Mia, layanan perpustakaan, TBM, dan mobil perpustakaan keliling, beroperasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Namun, untuk
memperingati momentum Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Nasional, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan khusus, seperti Journey to Library dan Perpustakaan Dalam Imaginasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi dan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat mengunjungi perpustakaan,” jelas Mia.

Baca juga: Hari Kunjung Perpustakaan 14 September, ke Perpustakaan Tak Sekadar Baca Buku

Berdasarkan knowledge Dispusip Surabaya, Mia menyebutkan jika tren kunjungan pemustaka ke perpustakaan, selalu meningkat dari tahun ke tahun. “Akan tetapi memang ada bulan-bulan yang pengunjungnya meningkat dan menurun dikarenakan banyaknya cuti bersama,” ujarnya.

Lebih rinci, Mia memaparkan bahwa pada bulan Januari 2024, knowledge kunjungan pemustaka ke perpustakaan mencapai 69.998 orang. Lalu di bulan Februari mencapai 51.056 orang, Maret 56.371 dan April 42.176 orang. Sedangkan knowledge bulan Mei kunjungan pemustaka mencapai 60.465 orang dan Juni sebanyak 51.827 orang.

“Sementara di bulan Juli 2024 kunjungan mencapai 58.381 pemustaka dan meningkat menjadi 63.207 pemustaka di bulan Agustus 2024,” ujarnya. (H-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *