Angka Kematian Akibat Overdosis Narkoba di AS Menurun 3% pada 2023

Angka Kematian Akibat Overdosis Narkoba di AS Menurun 3 pada 2023


Angka Kematian Akibat Overdosis Narkoba di AS Menurun 3% pada 2023
CDC melaporkan angka kematian akibat overdosis narkoba di AS turun sekitar 3% pada tahun 2023, dengan overall 107.543 korban jiwa. (freepik)

PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan angka kematian akibat overdosis narkoba di AS turun sekitar 3% tahun 2023.

Ini merupakan pembalikan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Ketika fentanil jalanan dan obat-obatan sintetis beracun lainnya, termasuk metamfetamin memicu lonjakan kematian akibat narkoba yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun, jumlah korban dari krisis overdosis tahun 2023 tetap sangat tinggi, merenggut 107.543 nyawa.

Baca juga: Gagalkan Penyelundupan 29 Kilogram Sabu, Bea Cukai dan BNN Amankan Enam Tersangka

Itu dibandingkan dengan 111.029 kematian akibat overdosis tahun 2022. Kematian akibat narkoba pada tahun 2023 tetap berada di atas 106.699 kematian yang dicatat oleh CDC pada tahun 2021.

Sebelum ledakan penggunaan fentanil dan metamfetamin, AS mengalami kematian akibat overdosis yang jauh lebih sedikit – sekitar 53.356 kematian, misalnya, pada tahun 2015.

“Kami terdorong untuk melihat information awal yang menunjukkan penurunan angka kematian akibat overdosis untuk pertama kalinya dalam lima tahun, terutama setelah periode peningkatan dua digit yang cepat dari 2019-2021,” kata direktur kebijakan pengendalian narkoba Gedung Putih, Dr. Rahul Gupta.

Baca juga: Kompolnas Tuntut Transparansi dalam Kasus Narkoba di Polresta Barelang

Kepala petugas medis CDC, Deb Houry, mencatat dalam sebuah pernyataan bahwa meskipun terjadi penurunan, “masih ada keluarga dan teman yang kehilangan orang yang mereka cintai karena overdosis narkoba dalam jumlah yang mengejutkan.” Namun dia menambahkan, “kemajuan selama 12 bulan terakhir seharusnya membuat kita ingin menghidupkan kembali upaya kita karena mengetahui bahwa strategi kita membuat perbedaan.”

Dalam pernyataan yang dirilis sebagai bagian dari Penilaian Ancaman Narkoba Nasional AS untuk tahun 2024, kepala Administrasi Penegakan Narkoba, Anne Milgram, mengatakan bahwa krisis overdosis masih berbahaya.

“Pergeseran dari obat-obatan berbasis tanaman, seperti heroin dan kokain, ke obat-obatan sintetis berbasis bahan kimia, seperti fentanil dan metamfetamin, telah mengakibatkan krisis narkoba paling berbahaya dan mematikan yang pernah dihadapi Amerika Serikat,” kata Milgram.

Baca juga: Polres Tasikmalaya Tangkap 3 Pengedar Narkoba, Sabu 464 Gram Disita

Sebuah laporan terpisah yang diterbitkan oleh Global Magazine of Drug Coverage menemukan bahwa fentanil – sering kali dalam bentuk pil pereda nyeri resep palsu – terus membanjiri masyarakat AS.

Pada 2023 saja, penegak hukum menyita lebih dari 115 juta pil palsu.

“Ketersediaan fentanil ilegal terus meroket di AS, dan masuknya pil yang mengandung fentanil sangat mengkhawatirkan,” kata Joseph Palamar, seorang profesor di Departemen Kesehatan Populasi di Fakultas Kedokteran NYU Grossman, yang merupakan penulis utama dalam penelitian ini.

Baca juga: Tahanan Rutan Depok Tewas dengan Luka Tusuk di Dada dan Perut

Para petugas AS dan pakar kebijakan narkoba mengatakan bahwa fentanil diproduksi dan diselundupkan sebagian besar oleh kartel narkoba Meksiko dengan menggunakan bahan kimia yang dipasok oleh geng narkoba Tiongkok.

Information CDC tahun 2023 menunjukkan fentanil dan opioid lainnya masih menjadi ancaman yang paling mematikan, obat-obatan terlarang lainnya menjadi lebih berbahaya.

Jumlah overall kematian akibat fentanil sebenarnya sedikit menurun pada 2023, turun dari 76.226 menjadi 74.702. Sementara itu, overdosis deadly akibat psikostimulan (termasuk metamfetamin) dan kokain, meningkat dari 63.991 menjadi 66.169.

Karena banyak overdosis deadly yang melibatkan beberapa obat jalanan, jumlah kematian yang dikaitkan dengan zat tertentu tidak “sama dengan jumlah overall kematian akibat overdosis obat,” menurut CDC.

Penelitian ini juga menemukan kemajuan yang tidak merata di seluruh AS dalam mengekang overdosis yang deadly.

Kansas, Indiana, Maine, dan Nebraska mengalami penurunan kematian akibat narkoba sebesar 15% atau lebih, demikian laporan CDC. Negara-negara bagian lain mengalami peningkatan, termasuk Alaska, Oregon dan Washington, di mana kematian akibat narkoba naik setidaknya 27%.

Strategi yang bertujuan untuk mengekang krisis overdosis telah muncul sebagai titik nyala politik, diperdebatkan dengan sengit di Kongres dan di ibu kota negara bagian di seluruh negeri.

Beberapa negara bagian, termasuk California dan Oregon, telah mulai membatalkan kebijakan narkoba yang bertujuan untuk menggeser respons kecanduan ke style kesehatan masyarakat dan mengurangi peran polisi.

Namun, ada juga beberapa indikasi bahwa undang-undang narkoba yang lebih ketat, keamanan perbatasan yang lebih ketat, dan peningkatan penyitaan narkoba telah membuat penurunan yang signifikan dalam pasokan narkoba jalanan yang semakin beracun. (U.S. drug deaths declined relatively in 2023 however remained at disaster ranges/ Drug Overdose Deaths: Information and Figures/Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *