8 Manfaat Talas bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Kanker

8 Manfaat Talas bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Kanker


8 Manfaat Talas bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Kanker
Seorang pedagang membetulkan ikatan talas dagangannya di kawasan Kebun Raya Bogor(MI/PANCA SYURKANI)

CERITA adalah sejenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah Colocasia esculenta dan sering dijadikan bahan pangan karena kaya akan nutrisi.

Talas memiliki daun berbentuk hati yang besar dan umbinya tumbuh di dalam tanah. Umbi talas sering digunakan sebagai sumber karbohidrat dan diolah menjadi berbagai makanan, seperti keripik, kue, bubur, atau direbus.

Selain itu, talas juga kaya akan serat, diet, dan mineral seperti kalium, diet C, dan diet E, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Jahe Merah bagi Kesehatan, Bisa Meredakan Batuk

Talas dikenal baik untuk pencernaan, membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengontrol gula darah.

Berikut 8 Manfaat Talas bagi Kesehatan

1. Sumber Energi yang Baik

Talas mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Karbohidrat ini juga dicerna lebih lambat, sehingga membantu menjaga kestabilan gula darah.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam talas cukup tinggi, sehingga membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga mendukung kesehatan usus dan membantu mencegah gangguan pencernaan seperti divertikulosis.

Baca juga: 9 Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

3. Mengontrol Gula Darah

Meskipun mengandung karbohidrat, serat dalam talas membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga kestabilan gula darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Talas kaya akan potasium, mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah tetap commonplace dan mendukung kesehatan jantung. Potasium membantu menetralkan efek natrium dan menurunkan risiko hipertensi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Talas mengandung diet C, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan, Baik untuk Ginjal

6. Menurunkan Risiko Kanker

Talas mengandung antioksidan seperti polifenol yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

7. Baik untuk Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium dan kalsium dalam talas membantu memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis. Magnesium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat.

8. Mendukung Penurunan Berat Badan

Karena talas rendah kalori namun tinggi serat, mengonsumsinya dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Ini membantu mengontrol asupan makanan dan mendukung program penurunan berat badan.

Secara keseluruhan, talas adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *