Aplikasi DeFi untuk Pemula

Aplikasi DeFi untuk Pemula


Aplikasi DeFi untuk Pemula
Ilustrasi(Freepik)

PROYEK keuangan terdesentralisasi (Bahasa Indonesia: DeFi) berkembang pesat sejak 2020, yang dikenal sebagai DeFi Summer time. Banyak aplikasi DeFi bermunculan, menawarkan layanan keuangan alternatif dari sistem tradisional.

Dikutip dari Pintu Academy, DeFi adalah sistem keuangan terdesentralisasi berbasis teknologi rantai blok yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa perantara seperti financial institution.

DeFi menawarkan kesempatan besar untuk membuat aset keuangan bekerja secara produktif dan menghasilkan keuntungan. Cara menggunakannya pun mudah, cukup menghubungkan crypto pockets seperti Metamask dengan aplikasi decentralized (DApps).

Baca juga: Setiap Bulan Investor Kripto di Indonesia Bertambah 400 Ribu

Langkah pertama, pilih jaringan blockchain seperti Ethereum, Binance Good Chain, atau Polygon, lalu buat crypto pockets. Pockets ini berfungsi sebagai penghubung dengan aplikasi DeFi.

Selanjutnya, beli cryptocurrency yang dibutuhkan untuk membayar biaya transaksi (fuel charge) di dalam aplikasi. Misalnya, Ethereum (ETH) digunakan untuk membayar fuel charge di jaringan Ethereum. Crypto dapat dibeli di platform seperti Pintu dan dikirimkan ke pockets yang sudah dibuat.

Setelah itu, pilih aplikasi DeFi sesuai kebutuhan. Berbagai layanan seperti pinjam-meminjam aset, staking, farming, atau perdagangan derivatif dapat dimanfaatkan.

Baca juga: Bappebti dan Pintu Kolaborasi Tingkatkan Literasi Aset Kripto

Sebagai contoh, di platform seperti Aave, pengguna dapat menyediakan aset seperti ETH sebagai jaminan untuk meminjam stablecoin seperti USDT. Prosesnya sederhana, cukup hubungkan pockets ke DApps Aave, pilih jumlah yang ingin disetorkan atau dipinjam, dan ikuti langkah-langkah konfirmasi transaksi.

DeFi memungkinkan akses layanan keuangan kapan saja, tanpa pembatasan jam operasi, serta memungkinkan pengelolaan aset secara mandiri tanpa campur tangan lembaga keuangan.

Namun, penting untuk memperhatikan risiko likuidasi dalam meminjam aset crypto, terutama dalam platform yang menggunakan sistem overcollateralized seperti Aave. Selalu pantau kondisi pasar dan kelola portofolio dengan bijak.

Menggunakan Pintu Web3 Pockets adalah salah satu cara mudah untuk berinteraksi dengan DeFi. Pockets ini mendukung berbagai jaringan blockchain dan memungkinkan akses ke berbagai DApps dalam satu pockets. (Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *