Sepak Terjang Hizbullah terkait Israel, Syiah-Suni, dan Pemerintahan Libanon

Sepak Terjang Hizbullah terkait Israel, Syiah-Suni, dan Pemerintahan Libanon


Sepak Terjang Hizbullah terkait Israel, Syiah-Suni, dan Pemerintahan Libanon
Hassan Nasrallah.(Dok Al-Jazeera)

HIZBULLAH ialah partai politik dan kelompok militan yang pertama kali muncul selama perang saudara Libanon sebagai milisi setelah invasi Israel ke negara itu pada 1982. Sejak 2000-an, kelompok ini telah menjadi salah satu kekuatan politik terdepan di Libanon.

Bagaimana pembentukan Hizbullah lebih rinci lagi dan perkembangannya hingga kini? Berikut uraiannya seperti dilansir Britannica.

Pembentukannya mengusir Israel

Muslim Syiah, yang secara tradisional merupakan kelompok agama terlemah di Libanon, pertama kali menemukan suara mereka dalam gerakan Amal yang moderat dan sebagian besar sekuler. Setelah revolusi Islam di Iran yang mayoritas Syiah pada 1979 dan invasi Israel ke Libanon pada 1982, sekelompok ulama Syiah Libanon membentuk Hizbullah dengan tujuan mengusir Israel dari Libanon dan mendirikan republik Islam di sana. 

Baca juga : Dua Serangan Udara Israel Hantam Libanon Lukai 14 Orang

Hizbullah bermarkas di daerah yang didominasi Syiah di Lembah Biqa, Libanon selatan, dan Beirut selatan. Hizbullah mengoordinasikan upayanya secara erat dengan Iran. Dari Iran, ia memperoleh dukungan logistik yang substansial dan menarik tenaga kerjanya sebagian besar dari anggota Amal yang lebih muda dan lebih radikal yang tidak puas. 

Sepanjang 1980-an, Hizbullah terlibat dalam serangan yang semakin canggih terhadap Israel dan bertempur dalam perang saudara Libanon (1975-1990), sehingga berulang kali berselisih dengan Amal. Selama waktu itu, Hizbullah diduga terlibat dalam serangan teroris termasuk penculikan dan pengeboman mobil, yang terutama ditujukan terhadap orang Barat, tetapi juga membangun jaringan layanan sosial yang komprehensif bagi para pendukungnya.

Perang saudara berakhir pada 1990 setelah diberlakukan pengaturan konsosiasional yakni beberapa sekte agama di negara itu berbagi kekuasaan. Perjanjian tersebut akan ditegakkan oleh pasukan Suriah yang telah terlibat dalam perang saudara di negara itu pada 1976. Seiring dengan berubahnya lingkungan politik, begitu pula ideologi dan retorika Hizbullah. Pada 2009, sambil terus menyerukan perlawanan terhadap Israel serta dukungan untuk Iran, manifestonya yang diperbarui mencabut seruan untuk pembentukan republik Islam di Libanon dan menegaskan demokrasi yang mewakili persatuan nasional daripada kepentingan sektarian sebagai pemerintahan idealnya.

Baca juga : Perbatasan Libanon Tenang saat Gencatan Senjata Israel-Hamas Berlaku

Sementara itu, Hizbullah ialah salah satu dari sedikit kelompok milisi yang tidak dilucuti senjatanya oleh Suriah pada akhir perang saudara. Ketika Libanon terbagi menjadi beberapa faksi yang mendukung atau menentang keterlibatan Suriah di negara itu, Hizbullah dengan tegas mendukung Suriah. Setelah pembunuhan Rafic al-Hariri, mantan perdana menteri yang menentang keterlibatan Suriah, pada 2005, reaksi keras rakyat terhadap Suriah menyebabkannya menarik pasukan dari Libanon. 

Pada 8 Maret 2005, beberapa hari setelah Suriah mengumumkan penarikan pasukannya, Hizbullah mengorganisasi unjuk rasa besar-besaran untuk mendukung Suriah. Tanggal unjuk rasa ini kemudian menjadi julukan bagi blok pro-Suriah dalam politik Libanon. Hizbullah juga terus berjuang dalam kampanye gerilya yang berkelanjutan melawan Israel di Libanon selatan hingga penarikan Israel pada 2000. 

Bertahun-tahun kemudian, pada 12 Juli 2006, Hizbullah, dalam upaya untuk menekan Israel agar membebaskan tiga warga Libanon yang dipenjara di penjara Israel, melancarkan operasi militer terhadap Israel, menewaskan sejumlah tentara Israel dan menculik dua orang sebagai tawanan perang. Tindakan ini menyebabkan Israel melancarkan serangan militer besar-besaran terhadap Hizbullah. 

Baca juga : Hizbullah: Putra Anggota Senior Parlemen Tewas akibat Serangan Israel

Perang 34 hari antara Hizbullah dan Israel mengakibatkan kematian lebih dari 1.000 warga Libanon dan pengungsian sekitar 1.000.000 orang. Melawan Pasukan Pertahanan Israel hingga terhenti–suatu prestasi yang belum pernah dilakukan oleh milisi Arab lain–Hizbullah dan pemimpinnya, Hassan Nasrallah, muncul sebagai pahlawan di sebagian besar dunia Arab. Dua tahun kemudian, pada Juli 2008, jenazah para prajurit yang diculik dikembalikan ke Israel dengan imbalan lima tahanan Libanon dan jenazah sekitar 200 orang lainnya.

Pengaruh dalam pemerintahan

Pada bulan-bulan setelah perang 2006, Hizbullah menggunakan prestisenya untuk mencoba menggulingkan pemerintah Libanon setelah tuntutannya untuk lebih banyak kursi kabinet tidak dipenuhi. Para anggotanya bersama dengan para anggota milisi Amal mengundurkan diri dari kabinet. Pihak oposisi kemudian menyatakan bahwa kabinet yang tersisa telah kehilangan legitimasinya dan menuntut pembentukan pemerintahan baru dengan Hizbullah dan sekutu oposisinya akan memiliki hak veto.

Akhir tahun berikutnya, upaya oleh Majelis Nasional untuk memilih seorang penerus di akhir masa jabatan Presiden Libanon. Masa jabatan sembilan tahun Émile Lahoud menemui jalan buntu akibat perebutan kekuasaan yang terus berlanjut antara oposisi yang dipimpin Hizbullah, blok 8 Maret, dan blok 14 Maret yang didukung Barat. 

Baca juga : Hizbullah Tunjuk Komandan Baru Pengganti Aqil yang Dibunuh Israel

Boikot oleh oposisi–yang terus berupaya mendapatkan hak veto yang telah ditolaknya–mencegah majelis mencapai kuorum dua pertiga. Masa jabatan Lahoud berakhir pada November 2007 dan jabatan presiden tetap kosong karena berbagai faksi berjuang untuk mencapai konsensus tentang seorang kandidat dan susunan pemerintahan baru.

Pada Mei 2008, bentrokan antara pasukan Hizbullah dan pendukung pemerintah di Beirut dipicu oleh keputusan pemerintah yang mencakup rencana untuk membongkar jaringan telekomunikasi swasta Hizbullah. Nasrallah menyamakan keputusan pemerintah dengan deklarasi perang dan memobilisasi pasukan Hizbullah yang dengan cepat menguasai sebagian wilayah Beirut. 

Pada hari-hari berikutnya pemerintah membatalkan keputusan yang memicu pecahnya kekerasan. Pertemuan puncak yang dihadiri oleh kedua faksi di Qatar menghasilkan kesepakatan yang memberikan hak veto kepada oposisi yang dipimpin Hizbullah yang telah lama diupayakannya.

Pada November 2009, setelah berbulan-bulan negosiasi menyusul pemilihan Majelis Nasional, blok 8 Maret setuju untuk membentuk pemerintahan persatuan dengan blok 14 Maret Perdana Menteri Saad al-Hariri. Ketegangan muncul pada 2010, menyusul laporan bahwa Pengadilan Khusus PBB untuk Libanon, yang menyelidiki pembunuhan mantan perdana menteri Rafic al-Hariri, memfokuskan penyelidikannya pada pejabat senior Hizbullah dan akan segera mengeluarkan dakwaan. 

Nasrallah mengutuk pengadilan tersebut karena bias politik dan dikompromikan oleh bukti palsu. Ia meminta pemerintah Libanon untuk berhenti bekerja sama dengan penyelidikan tersebut. Blok 14 Maret terus mendukung pengadilan tersebut yang mengakibatkan kebuntuan yang menegangkan. Setelah upaya Suriah dan Arab Saudi untuk menengahi kedua belah pihak gagal, Hizbullah memaksa runtuhnya pemerintah persatuan dengan menarik dua menterinya dan sembilan menteri sekutu dari kabinet. 

Pada Januari 2011, Najib Mikati, seorang miliarder Suni, dicalonkan menjadi perdana menteri setelah menerima dukungan dari Hizbullah dan sekutunya di parlemen. Pengangkatan Mikati, tanda meningkatnya kekuatan politik Hizbullah, memicu protes oleh para pendukung blok 14 Maret yang menuduh bahwa pemerintah baru akan terlalu dekat dengan Iran dan Suriah, pendukung utama Hizbullah. 

Pada Juni 2011, setelah lima bulan musyawarah, Mikati mengumumkan pembentukan kabinet baru beranggotakan 30 orang dengan 18 jabatan diisi oleh sekutu Hizbullah. Tidak ada jabatan yang diberikan kepada anggota blok 14 Maret.

Pada akhir Juni 2011, Pengadilan Khusus PBB untuk Libanon mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk empat tersangka pembunuhan Rafic al-Hariri, yang diidentifikasi oleh pejabat Libanon sebagai afiliasi Hizbullah. Sebagai tanggapan, Nasrallah mengecam pengadilan tersebut sebagai sesuatu yang dipolitisasi dan bersumpah tidak akan pernah menyerahkan para tersangka. 

Tersangka kelima, yang juga anggota Hizbullah, diidentifikasi pada 2013. Pada Januari 2014, persidangan para tersangka secara in absentia dimulai. Putusan yang dijatuhkan pada Agustus 2020 hanya menghukum satu tersangka dan tidak menemukan bukti keterlibatan dari pimpinan Hizbullah.

Gelombang pemberontakan rakyat pada awal  2011, yang dikenal sebagai Musim Semi Arab, menempatkan Hizbullah dalam posisi yang sulit. Setelah memuji gerakan revolusioner di Tunisia, Mesir, Libia, dan Bahrain, kelompok tersebut mendapati kepentingannya terancam oleh gerakan serupa terhadap sekutu utamanya, Presiden Suriah Bashar al-Assad. Ketika protes menyebar ke seluruh Suriah dan jumlah korban sipil meningkat, Nasrallah berbicara mendukung Assad, menggemakan kecaman Assad terhadap oposisi Suriah sebagai agen konspirasi asing. 

Konflik tersebut segera meningkat menjadi perang saudara besar-besaran. Pada akhir 2012 dilaporkan secara luas bahwa para pejuang Hizbullah telah secara diam-diam dikirim ke Suriah untuk berperang bersama tentara Suriah. Pada Mei 2013, Nasrallah secara terbuka mengonfirmasi keterlibatan Hizbullah dan bersumpah untuk berperang sampai para pemberontak dikalahkan. Pada 2016, salah satu komandan militer paling senior Hizbullah, Mustafa Badreddine, yang juga merupakan salah satu dari lima tersangka yang dituduh merencanakan pembunuhan Rafic al-Hariri, tewas dalam pertempuran di Suriah.

Jatuh bangun

Pada akhir 2016, kebuntuan politik selama 29 bulan berakhir ketika sekutu Hizbullah, Michel Aoun, terpilih sebagai presiden. Sebagai bagian dari kesepakatan yang menghasilkan pemilihannya, Saad al-Hariri diangkat menjadi perdana menteri. Setahun kemudian, Hariri tiba-tiba mengundurkan diri saat berkunjung ke Arab Saudi dengan alasan keterlibatan asing dalam urusan Libanon dan menyiratkan bahwa ada rencana yang mengancam hidupnya. 

Namun, militer dan badan intelijen Libanon membantah bahwa rencana semacam itu telah terungkap. Diyakini bahwa Hariri telah mengundurkan diri di bawah tekanan dari pemerintah Saudi. Banyak analis percaya bahwa Arab Saudi bertujuan melemahkan kekuatan Hizbullah. Setelah berminggu-minggu mendapat tekanan internasional terhadap pemerintah Saudi, Hariri diizinkan kembali ke Libanon, saat ia membatalkan pengunduran dirinya dan melanjutkan jabatannya sebagai perdana menteri.

Pada 6 Mei 2018, Libanon menyelenggarakan pemilihan legislatif pertamanya sejak 2009. Blok 8 Maret memperoleh mayoritas kursi, menjadikan Hizbullah dominan secara politik untuk pertama kali. Setelah sembilan bulan berdiskusi, pemerintah persatuan diumumkan yang mencakup sebagian besar partai. Hizbullah tidak menerima kendali langsung atas jabatan kabinet utama mana pun, karena penunjukannya sebagai organisasi teroris oleh beberapa pemerintah asing akan mengancam pendanaan internasional ke Libanon. 

Namun, Hizbullah memperoleh pengaruh yang signifikan di cupboard yaitu mayoritas jabatan diisi oleh sekutu-sekutunya dalam Gerakan 8 Maret. Hizbullah sendiri menerima dua jabatan kecil dan mungkin yang paling penting yakni diizinkan untuk menempatkan sekutu yang tidak berafiliasi untuk mengepalai salah satu kementerian terbesar di negara itu, Kementerian Kesehatan.

Kabinet yang baru berjuang untuk mengatasi krisis yang dihadapi Libanon. Rasa frustrasi muncul karena korupsi dalam pemerintahan dan ketidakmampuan pemerintah untuk bertindak secara efektif. Pada akhir 2019, demonstrasi besar-besaran terjadi di seluruh negeri, yang secara luas menyerukan agar pejabat tinggi negara itu mengundurkan diri. Meskipun Hizbullah berusaha mencegah protes dan menentang pengunduran diri pemerintah, banyak pendukungnya sendiri berpartisipasi dalam protes tersebut. Nasrallah mengatakan pemerintah harus bekerja untuk mendapatkan kembali kepercayaan para pengunjuk rasa.

Hariri mengundurkan diri pada akhir Oktober. Pemerintah persatuan digantikan pada bulan Januari 2020 oleh kabinet teknokratis yang ditunjuk dengan dukungan tunggal dari blok Gerakan 8 Maret. Meskipun pemerintah baru berupaya mengatasi situasi keuangan yang buruk, mereka menghadapi tantangan baru di awal 2020 dengan merebaknya pandemi covid-19 international. Dampak ekonomi memperburuk situasi sementara pembicaraan untuk mendapatkan bantuan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) terhenti pada Juli. Pada bulan yang sama Libanon memasuki periode hiperinflasi. 

Pada 4 Agustus, ledakan awan jamur, yang disebabkan oleh penyimpanan dan pemeliharaan subject material yang sangat mudah meledak, menyebabkan kerusakan parah di Beirut, jantung ekonomi Libanon. Kemarahan publik, yang diekspresikan terutama melalui protes yang kembali terjadi, menyebabkan pengunduran diri seluruh kabinet teknokratik selama minggu berikutnya. Butuh lebih dari setahun untuk menunjuk kabinet baru.

Pada Mei 2022, para pemilih menyatakan rasa frustrasi mereka terhadap lembaga politik, termasuk Hizbullah, dalam pemilihan legislatif. Blok 8 Maret kehilangan mayoritasnya di Majelis Nasional dan digantikan oleh pendatang baru yang independen. Meskipun demikian, blok tersebut tetap dominan di parlemen, dan juru bicara parlemennya tetap dipertahankan. Namun, ketika masa jabatan presiden Aoun berakhir pada Oktober, Hizbullah kesulitan untuk mengumpulkan dukungan bagi sekutunya–cucu mantan presiden Suleiman Franjieh (1970-1976)–untuk menggantikannya. Jabatan tersebut tetap kosong tanpa batas waktu.

Pada 2023, pasukan Hizbullah dan Israel menghadapi konfrontasi atas Shebaa Farms, sebidang tanah di Dataran Tinggi Golan yang diklaim oleh Libanon, Israel, dan Suriah. Ketegangan semakin meningkat setelah Hamas, kelompok militan Palestina yang bersekutu di Jalur Gaza Palestina, menyerang Israel selatan pada 7 Oktober. (Z-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *