10 Tips Menabung di Celengan Anti Gagal

10 Pointers Menabung di Celengan Anti Gagal


10 Tips Menabung di Celengan Anti Gagal
Berikut pointers menabung di celengan(freepik)

MENABUNG adalah proses menyisihkan sebagian dari penghasilan atau uang yang dimiliki untuk disimpan dan digunakan di masa depan

Menabung biasanya dilakukan dengan tujuan finansial tertentu, seperti untuk kebutuhan mendadak, membeli barang, liburan, atau persiapan masa pensiun.

Menabung bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti financial institution, koperasi, atau bahkan tabungan di rumah.

Baca juga: 5 Tips Menabung jadi Lebih Mudah

Menabung di celengan mungkin terdengar sederhana, tetapi dengan strategi yang tepat, hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan uang.

Berikut Kiat-kiat Menabung di Celengan

1. Tentukan Tujuan Menabung

Menetapkan tujuan menabung yang jelas akan memotivasi kamu. Misalnya, tentukan bahwa kamu menabung untuk membeli system baru, liburan, atau dana darurat. Dengan memiliki tujuan, kamu akan lebih termotivasi untuk terus menabung.

2. Gunakan Celengan yang Tidak Mudah Dibuka

Pilih celengan yang tidak mudah dibuka, seperti celengan yang harus dipecahkan untuk mengambil isinya. Ini akan mengurangi godaan untuk mengambil uang sebelum waktunya.

Baca juga: Jurus Tenang di Tengah Masa Pandemi

3. Tetapkan Jadwal Rutin Menabung

Buat kebiasaan menabung secara rutin, misalnya setiap hari atau setiap minggu. Kamu bisa menabung uang receh atau sebagian kecil dari penghasilan harian. Dengan konsistensi, jumlah tabungan akan bertambah dengan cepat.

4. Tentukan Nominal yang Konsisten

Coba untuk menabung dengan nominal yang sama setiap kali, misalnya setiap hari kamu memasukkan Rp5.000 atau Rp10.000 ke dalam celengan. Ini membantu menjaga konsistensi dalam menabung dan mempercepat akumulasi uang.

5. Gunakan Metode Sisa Uang

Setiap kali selesai belanja atau menerima kembalian, masukkan uang receh atau uang kecil ke dalam celengan. Uang sisa yang kecil-kecil ini bisa terkumpul menjadi jumlah yang signifikan dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 5 Alasan untuk Menghindari Bekerja di Tempat Tidur

6. Buat Tantangan Menabung

Buat tantangan menabung seperti “Tantangan 30 Hari” di mana kamu meningkatkan jumlah yang kamu tabung setiap hari atau setiap minggu. Misalnya, di minggu pertama kamu menabung Rp1.000 in line with hari, minggu kedua Rp2.000 in line with hari, dan seterusnya. Tantangan ini bisa membuat menabung lebih menyenangkan dan menantang.

7. Hindari Menyentuh Uang di Celengan

Cobalah untuk tidak mengambil uang dari celengan sebelum waktunya. Sebisa mungkin, jangan tergoda untuk membuka celengan hanya untuk hal-hal kecil. Anggap uang di celengan sebagai “tidak tersentuh” hingga kamu mencapai tujuan.

8. Gunakan Celengan yang Transparan

Jika kamu suka melihat progresmu, gunakan celengan transparan. Melihat uang yang semakin bertambah bisa menjadi motivasi visible yang kuat untuk terus menabung.

Baca juga: Belajar Kelola Keuangan Selagi di Rumah Aja

9. Tabung Setiap Kali Mendapat Uang Tambahan

Setiap kali kamu mendapatkan uang tambahan seperti bonus, hadiah, atau uang saku lebih, alokasikan sebagian dari uang tersebut langsung ke dalam celengan. Ini membantu mempercepat akumulasi tabunganmu tanpa terasa berat.

10. Evaluasi dan Tetapkan Waktu Buka Celengan

Tentukan waktu atau goal kapan kamu akan membuka celengan, misalnya setelah 6 bulan atau ketika jumlah tertentu tercapai. Evaluasi berapa banyak yang telah kamu tabung dan gunakan uang tersebut untuk mencapai tujuanmu.

Dengan disiplin, perencanaan, dan komitmen, kamu bisa membuat kebiasaan menabung di celengan menjadi sukses. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *