4 Fakta Kuasa Gelap, Film Ritual Eksorsisme Katolik

4 Fakta Kuasa Gelap, Movie Ritual Eksorsisme Katolik


4 Fakta Kuasa Gelap, Film Ritual Eksorsisme Katolik
Movie Kuasa Gelap akan tayang di bioskop mulai 3 Oktober 2024.(Dok. Instagram @kuasagelap.identity)

KEKUATAN GELAP yang diklaim sebagai movie eksorsisme pertama di Indonesia, akan tayang di bioskop mulai 3 Oktober 2024. Film horor garapan Paragon Footage dan Ideosource Leisure ini berdasarkan kisah nyata ritual pengusiran setan (eksorsisme) yang dilakukan oleh pastor gereja Katolik.

Diperankan oleh Jerome Kurnia, Astrid Tiar, Lukman Sardi, Lea Ciarachel, hingga Freya JKT48, berikut tiga fakta menarik dari movie yang disutradari oleh Bobby Prasetyo ini:

Baca juga: Jadi Romo di Film Kuasa Gelap, Jerome Kurnia Temukan Perspektif Baru dalam Karier Akting

1. Proses produksi 6 tahun.

Dalam konferensi pers di di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (25/9), Robert Ronny, produser Kuasa Gelap mengatakan bahwa proses produksi movie itu berlangsung cukup lama karena riset yang mendalam. Totalnya, proses produksi movie ini memakan waktu 6 tahun.

Baca juga: Zona Merah, Serial Zombie Terinspirasi dari Kejahatan Terstruktur Para Elite

2. Dikumpulkan dari cerita-cerita di gereja.

Riset enam tahun yang dilakukan tersebut banyak berlangsung di gereja dan komunitas gereja Katolik di berbagai wilayah Indonesia. Namun kasus kerasukan ada pula yang ditangani sebagai masalah kesehatan psychological. Hanya sekitar 10% kasus kerasukan yang kemudian ditangani dengan ritual eksorsisme.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Horor Terbaru Tahun 2024

3. Ajang kembali Astrid Tiar

Astrid Tiar berperan sebagai Maya, ibu dari Kayla (Lea Ciarachel), yang mengalami kerasukan mahluk gaib. Kayla kemudian ditolong oleh Romo Rendra (Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia).

Baca juga: Review Film Never Let Go : 100 Menit Teka-Teki Intaian Iblis

Astrid mengaku sangat senang bisa terlibat dalam movie itu karena sekaligus menjadi kemunculannya kembali di layar lebar. Perempuan yang masih terus aktif sebagai presenter ini sebelumnya terakhir bermain movie pada 2017.

Astrid mengaku movie Kuasa Gelap memberi tantangan berbeda baginya sebagai aktris. “Ini salah satu movie yang wow banget karena keluar dari zona nyaman,” jelasnya.

4. Lea alami ketindihan.

Lea yang berperan sebagai Kayla mengaku mendapat pengalaman menderbarkan saat syuting. Meski tidak ada hal-hal horor yang ia alami terkait berperan dalam movie ini, ia mengalami ‘ketindihan’ (sulit bergerak bangun dari tidur) untuk pertama kalinya. (M-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *