Makan Bergizi Gratis bagi Pelajar di Cianjur akan Diujicobakan di Tiga Wilayah

Makan Bergizi Free of charge bagi Pelajar di Cianjur akan Diujicobakan di Tiga Wilayah


Makan Bergizi Gratis bagi Pelajar di Cianjur akan Diujicobakan di Tiga Wilayah
Seorang lansia di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menerima paket makanan bergizi free of charge. Program makan bergizi untuk pelajar akan diujicoba segera.(MI/Benny Bastiandy)

UJI COBA program makan bergizi free of charge di Kabupaten CianjurJawa Barat, akan dilaksanakan di tiga tempat. Sasarannya adalah kalangan pelajar di sejumlah sekolah.

Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin mengaku, rencana uji coba itu sudah dibahas pada rapat persiapan yang dilaksanakan pada Rabu (25/9). Rapat melibatkan DPRD serta sejumlah perangkat daerah terkait.

“Program makan bergizi free of charge di sekolah ini harus kita persiapkan dengan matang. Kemarin (Rabu), kami sudah melaksanakan rapat persiapannya,” kata Mulyana, Kamis (26/9).

Baca juga: Program Makan Bergizi Gratis akan Berdampak Besar Pada Penurunan Status Gizi Buruk Anak

Tiga lokasi yang akan jadi tempat percobaan pemberian makan bergizi di sekolah berada di wilayah utara, tengah, dan selatan. Di wilayah utara lokasinya berada di Kecamatan Cipanas, di wilayah tengah di Kecamatan Sukanagara, dan di wilayah selatan di Kecamatan Sindangbarang. “Perkiraan, ada 5 ribuan siswa yang akan mendapat program makan bergizi free of charge ini,” ujarnya.

Mulyana menekankan adanya pelibatan pelaku usaha pada program tersebut. Misalnya memberdayakan para pelaku UMKM yang nanti sebagai penyedia makan bergizi.

“Perlu diperhatikan juga agar dari program ini tidak menimbulkan quantity sampah. Karena itu, penyajian makan bergizi ini harus menggunakan misting (boks) sehingga bisa mengurangi dampak quantity sampah,” pungkasnya.

Baca juga: Pemegang Kampanye Liburan, Wabup Cianjur Tb Mulyana Syahrudin Jabat Plh Bupati

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur sementara, Asep Iwan Gusniardi, mendukung upaya penyiapan dengan matang rencana penerapan program pemberian makan bergizi free of charge kepada para pelajar. Implementasinya disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

“Salah satunya memberdayakan muatan lokal (pelaku UMKM) pada penyediaan makan bergizi ini. Ini sangat bagus karena akan membantu juga para pelaku UMKM di masing-masing kecamatan,” pungkasnya. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *