Ditetapkan Kota Kreatif, Yogyakarta Lahirkan Banyak Seniman

Ditetapkan Kota Kreatif, Yogyakarta Lahirkan Banyak Seniman


Ditetapkan Kota Kreatif, Yogyakarta Lahirkan Banyak Seniman
Perajin memproduksi kerajinan bambu di Sleman, DI Yogyakarta.(Antara)

SELAIN dikenal sebagai Kota Pendidikan dan Kota Budaya, Yogyakarta kini juga mendapat predikat Kota Kreatif. Standing tersebut didapat setelah Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno menyerahkan Plakat yang berisi penetapan Kota Yogya sebagai Kota Kreatif 2024 dengan sub sektor seni rupa di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM, Kamis (26/9).

Menparekraf menjelaskan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia merupakan program unggulan Kemenparekraf yang bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, dan menumbuh kembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah.

Baca juga: Pilkada Bantul Diharapkan Berlangsung Riang Gembira

Penyematan predikat KaTa Kreatif juga diharapkan menjadi sarana untuk membangun kesadaran dan membangun komitmen seluruh pemangku kepentingan. “Harapannya tercipta ekosistem pengembangan kabupaten kota kreatif yang kondusif tidak hanya untuk daerahnya itu sendiri tapi juga berkontribusi bagi pembangunan ekonomi kreatif nasional,” terang dia.

Sandiaga menyebut, Kota Yogyakarta memiliki potensi besar di bidang ekonomi kreatif dan kebudayaan. Ke depan, Kota Yogyakarta diharapkan bisa melahirkan lebih banyak seniman dari berbagai sektor budaya. “Saya berharap, nantinya Kota Yogya bisa naik kelas menjadi bagian dari Unesco Inventive Ceties Community (UCCN),” papar Sandiaga.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mengatakan, predikat Kota Kreatif ini tidak lepas dari peran dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat. “Kota Yogya ini Kota Budaya. Banyak seniman dan anak muda yang kreatif ada di sini. Ini menjadi faktor penentu hal tersebut,” papar dia.

Ke depan Pemkot Yogyakarta akan berkolaborasi dengan seluruh elemen yang ada untuk lebih memajukan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata demi kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta. Dengan demikian, ekosistem ekonomi kreatif akan semakin berkembang dan menyejahterakan rakyat. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *