Optimalkan Aktivitas Automasi untuk Integrasi Analisis Data

Optimalkan Aktivitas Automasi untuk Integrasi Analisis Knowledge


Optimalkan Aktivitas Automasi untuk Integrasi Analisis Data
Seminar Revolutionizing Industry Insights with Tournament Automation yang digelar di Grand Hyatt Jakarta.(Dok Multipolar Era)

PERTUMBUHAN knowledge digital yang eksponensial telah mengubah lanskap bisnis. Setiap harinya, perusahaan menghasilkan begitu banyak informasi berupa knowledge dalam bentuk occasion dari berbagai aktivitas pelanggan, seperti klik website online, transaksi on linedan interaksi dengan aplikasi.

Knowledge ini menyimpan potensi besar untuk dapat mengenal pelanggan lebih non-public, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mendorong pertumbuhan bisnis. Untuk itu, dibutuhkan solusi yang mampu mengelola seluruh peristiwa secara efisien demi meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya memaksimalkan potensi pendapatan perusahaan.

“Bayangkan saat pelanggan mencari tiket penerbangan, dengan pengelolaan occasion yang tepat, maka perusahaan e-commerce dapat memaksimalkan potensi penjualan melalui rekomendasi lodge dan destinasi terdekat atau fasilitas populer lainnya di daerah yang dituju lengkap dengan promonya. Promo ini bisa bekerja sama dengan lodge atau penyedia kartu kredit,” ungkap Jip Ivan, Director Endeavor Software Services and products Industry PT Multipolar Era Tbk (IDX: MLPT), dalam seminar Revolutionizing Industry Insights with Tournament Automation yang digelar di Grand Hyatt Jakarta, pekan lalu.

Baca juga: Penerapan Teknologi ERP Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Contoh lainnya, penyedia mengalir musik virtual yang dapat memberikan rekomendasi musik yang lebih non-public dan relevan, dengan memantau aktivitas pengguna secara real-time seperti lagu yang didengarkan, di-melewatiatau ditambahkan ke daftar putar. Juga, menyuguhkan iklan yang sesuai berdasarkan occasion dan preferensi pengguna free of charge.

Di sektor perbankan, dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan memantau transaksi secara waktu nyata guna mencegah penipuan, dan memberikan notifikasi instan kepada pelanggan terkait aktivitas perbankan yang dilakukan.

“Jadi, harus dipahami bahwa yang dimaksud peristiwa di sini adalah tindakan, aktivitas, atau kejadian yang dapat dideteksi dan direkam dalam sebuah sistem. Ini bisa berupa tindakan pengguna, perubahan knowledge, atau kejadian eksternal yang berdampak pada sistem tersebut. Kita harus bisa memanfaatkan knowledge yang dihasilkan dari occasion ini untuk membuat sistem lebih cerdas, responsif, efisien, dan itu membutuhkan solusi yang tepat,” jelas Jip Ivan.

Baca juga: Mesin Otomasi Jadi Solusi Jalankan Transformasi Digital

Solusi tepat untuk menangani banyaknya occasion yang terus mengalir adalah IBM Tournament Automation. Elen, Division Head Middleware Cloud Platform Multipolar Era, menjelaskan, IBM Tournament Automation merupakan solusi berbasis event-driven yang membantu perusahaan mendeteksi situasi secara real-time, mengambil tindakan, dan mengotomatisasi proses bisnis demi memaksimalkan pendapatan.

Solusi tersebut mengintegrasikan teknologi sumber terbuka seperti Apache Kafka dan Apache Flink untuk memproses dan menganalisis knowledge secara real-time. Solusi ini memiliki beberapa fitur utama, antara lain membangun dan menguji alur pemrosesan circulate secara instan dengan antarmuka low-code menggunakan Apache Flink.

Lalu, memungkinkan perusahaan mendeteksi skenario bisnis penting dan meresponsnya secara waktu nyata; mengotomatisasi tindakan berdasarkan occasion yang terdeteksi untuk meningkatkan respons dan efisiensi operasional; mendukung berbagai sumber occasion dan dapat diintegrasikan dengan infrastruktur yang sudah ada tanpa terkunci pada supplier tertentu, dan memberikan akses mandiri yang aman kepada tim di seluruh perusahaan sambil mempertahankan kontrol dan tata kelola.

“Dengan ini, perusahaan dapat menyuguhkan layanan secara lebih cepat, lebih non-public, dan lebih kompetitif, sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang bermuara pada kenaikan pendapatan,” ungkap Elen. Di dalam IBM Tournament Automation terdapat IBM Tournament Streams, solusi streaming knowledge untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan pemrosesan knowledge secara real-time. (H-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *