Mobil Sering Macet? Ini Komponen yang Harus Dirawat

Mobil Sering Macet Ini Komponen yang Harus Dirawat


Mobil Sering Macet? Ini Komponen yang Harus Dirawat
ilustrasi(sutterstock)

SETIAP pengemudi pasti pernah merasa frustrasi saat terjebak di tengah kemacetan. Masalah mobil yang sering kena macet tidak hanya mengganggu perjalanan, tetapi juga mempengaruhi performa dan kenyamanan berkendara. 

Selain membuat perjalanan  terasa lebih lama, kemacetan juga dapat berdampak buruk pada kondisi mobil. Saat terjebak macet, mesin mobil harus bekerja lebih keras, sehingga dapat membuatnya jadi overheating.  

Terus menerus menggunakan rem juga dapat membuat komponen rem lebih cepat aus. Selain itu, macet panjang turut mempengaruhi efisiensi bahan bakar, sehingga pengendara harus lebih sering mengisi bensin.  

Ada sejumlah komponen mobil yang wajib dirawat jika sering kena macet. 

Komponen Mobil yang Harus Dirawat  

Merawat komponen mobil secara rutin merupakan langkah penting untuk memastikan kendaraan siap menghadapi berbagai kondisi, termasuk kemacetan.  

Mesin mobil

Mesin adalah jantung kendaraan. Merawat mesin secara berkala sangat penting untuk mencegah masalah yang bisa terjadi saat terjebak di tengah kemacetan.   Pastikan rutin melakukan servis untuk memeriksa oli mesin, sistem pendinginan, dan komponen lainnya. Mengabaikan perawatan mesin dapat menyebabkan performa kendaraan menurun, terutama saat kondisi lalu lintas padat. 

Sistem rem

Sistem rem merupakan salah satu komponen paling krusial dalam mobil, terutama saat menghadapi kemacetan. Rem yang tidak berfungsi baik dapat membahayakan keselamatan diri sendiri, dan pengendara lain.   Pastikan rajin memeriksa dan mengganti kampas rem secara berkala. Selain itu, periksa cairan rem agar tetap berada pada degree yang ultimate. 

Ban mobil

Ban juga memegang peranan penting dalam kenyamanan saat berkendara. Dalam kemacetan, kodisi ban mobil yang tidak baik bisa membuat perjalanan semakin tidak nyaman.   Pastikan memeriksa tekanan angin dan kondisi tapak ban secara rutin. Ban yang sudah aus harus segera diganti, agar mobil tetap stabil dan aman.
 
Sistem pendinginan

Sistem pendinginan berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Dalam kondisi macet, mesin cenderung lebih cepat panas. Karena itu, pastikan radiator dan cairan pendingin selalu dalam kondisi baik.  
Jika sistem pendinginan bermasalah, risiko overheating akan meningkat, dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin mobil.
 
Listrik dan sistem elektronik

Komponen listrik dan sistem elektronik menjadi bagian penting lainnya untuk diperhatikan. Mulai dari lampu hingga sistem navigasi, semuanya membutuhkan perhatian khusus agar berfungsi baik.  
Pastikan rajin memeriksa kabel, aki, dan semua komponen elektronik. Dengan sistem yang berfungsi baik, maka dapat menghindari masalah yang mungkin timbul saat terjebak di tengah kemacetan.  

Merawat mobil secara berkala menjadi langkah penting yang harus dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan. Agar lebih tenang dan aman berkendara, pastikan pula melengkapi mobil dengan asuransi.(H-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *