Wirausaha Jadi Jalan Keluar Problem 7,2 Juta Pengangguran

Wirausaha Jadi Jalan Keluar Downside 7,2 Juta Pengangguran


Wirausaha Jadi Jalan Keluar Problem 7,2 Juta Pengangguran
Acara Bazar Kansis untuk peserta Pembinaan Akademik Mahasiswa Baru (PAKARMARU) Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh tahun 2024.(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan, masalah ketenagakerjaan saat ini coba diselesaikan pemerintah dengan mendorong masyarakat menjadi wirausaha. Hal itu bahkan menjadi program prioritas yang diupayakan pemerintah saat ini.

“Kami di Kemnaker akan selalu mendorong kewirausahaan sebagai salah satu program prioritas,” ujarnya dalam Discussion board Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2024, Minggu (29/9).

Dia mengatakan, discussion board perluasan kesempatan kerja bertujuan untuk mendukung ekosistem kewirausahaan, terutama dalam memberikan akses pelatihan, modal, dan pasar bagi wirausaha pemula dan UMKM di Indonesia. Hal tersebut kian penting lantaran sampai saat ini pengangguran masih menjadi momok di sektor ketenagakerjaan nasional dan memberikan dampak luas terhadap ekonomi, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Wirausaha Adalah: Pengertian, Sifat, Manfaat, dan Tujuan

Information survei angkatan kerja nasional (Sakernas) Februari 2024 menyebutkan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,2 juta orang, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 4,82%. Sedianya, jumlah tersebut telah mengalami penurunan sekitar 790 ribu orang atau 0,6% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Meski mengalami penurunan, pengangguran tetap menjadi tantangan terbesar karena masih banyak jutaan orang yang belum terserap lapangan kerja,” terang Ida.

Menurutnya, pengangguran dan wirausaha memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. Hal tersebut karena wirausaha menjadi pilihan bagi mereka yang tidak berhasil mendapatkan pekerjaan formal.

Baca juga: Kurangi Pengangguran, Sandiaga Uno Dorong Bos Lele di Bidara China

“Dengan menciptakan lapangan kerja, seseorang tidak hanya dapat mengurangi pengangguran tetapi juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain,” tuturnya.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker Haryanto menambahkan, discussion board perluasan kesempatan kerja bertujuan memberi wawasan kepada para wirausaha dengan menumbuhkan kerangka berpikir wirausaha yang inovatif.

“Saya yakin melalui discussion board perluasan kesempatan kerja, dapat tercipta ekosistem kewirausahaan yang tumbuh secara optimum, tangguh, dan berkelanjutan,” kata dia. (E-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *