Kapolri Instruksikan Tindak Tegas Pelaku Pembubaran Paksa Diskusi

Kapolri Instruksikan Tindak Tegas Pelaku Pembubaran Paksa Diskusi


Kapolri Instruksikan Tindak Tegas Pelaku Pembubaran Paksa Diskusi
Dua tersangka kasus pembubaran paksa diskusi berjalan usai konferensi pers yang digelar Polda Metro Jaya di Jakarta(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti kasus penyerangan dan likuidasi subjek diskusi Discussion board Tanah Air (FTA) di Resort Grand Kemang, Jakarta Selatan. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu menginstruksikan kepada jajaran untuk menindak tegas pelaku.

“Dalam hal ini, Bapak Kapolri Listyo Sigit Prabowo juga telah menginstruksikan yang sebelumnya dan seterusnya sampai dengan ke depan kepada seluruh jajaran untuk menindak tegas,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

Kapolri juga meminta jajaran untuk tidak menoleransi segala bentuk tindakan premanisme dan anarkis yang dilakukan oleh kelompok masyarakat manapun dan dengan alasan apapun. Menyusul instruksi itu, kata Truno, Polda Metro Jaya langsung bergerak menyelidiki kasus pembubaran diskusi dan menindak tegas para pelaku.

Baca juga: Polisi Tetapkan Dua Tersangka dari Aksi Pembubaran Diskusi di Kemang

“Dengan ditetapkannya dua tersangka,” ujar jenderal bintang satu itu.

Di sisi lain, Truno mengimbau dan mengajak kepada seluruh komponen elemen masyarakat agar saling menjaga keamanan dan ketertiban bermasyarakat. Dengan mengedepankan rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan dalam berpendapat.

“Karena kebebasan berpendapat merupakan hak asasi manusia yang diakui secara common dan dilindungi oleh berbagai instrumen hukum di Indonesia. Jaminan atas kebebasan berpendapat diatur dalam konstitusi UUD RI Tahun 1945, bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan berpendapat,” pungkas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembubaran Paksa Diskusi Diaspora di Kemang

Sebelumnya, pembubaran dan perusakan dalam acara diskusi Diaspora terjadi di Resort Grand Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu, 28 pukul 09.30 WIB. Puluhan orang masuk ke dalam ruang Magzi Ballroom di Resort Grand Kemang dan memukul sejumlah sekuriti.

Dalam diskusi itu hadir sejumlah tokoh. Seperti Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsuddin, pakar hukum tata negara Refly Harun Beberapa, mantan sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Mentioned Didu, Rizal Fadhilah, dan Mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Soenarko.

Lima pelaku telah ditangkap. Kelimanya berinisial FEK selaku koordinator lapangan, GW selaku pelaku pengerusakan yang ada di dalam Magzi Ballroom, Resort Grand Kemang, tempat diskusi. FEK dan GW telah ditetapkan sebagai tersangka pengerusakan dan penganiayaan. ?????

Kemudian, JJ yang juga membubarkan hingga melakukan pengerusakan dengan mencabut baliho-baliho yang ada di dalam ruangan diskusi. Lalu, LW dan MDM yang juga berperan melakukan perusakan dan membubarkan acara yang ada di dalam ruang diskusi.

Tiga pelaku JJ, LW, dan MDM belum ditetapkan tersangka dan masih pendalaman. Polisi juga masih memburu pelaku lainnya. Hasil penyelidikan polisi, ada 10-15 orang masuk ke gedung resort dan membubarkan paksa diskusi tersebut. (Yon/P-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *