Mayoritas Warga Sumut tak Ingin Edy Rahmayadi Maju PIlgub

Mayoritas Warga Sumut tak Ingin Edy Rahmayadi Maju PIlgub


Mayoritas Warga Sumut tak Ingin Edy Rahmayadi Maju PIlgub
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan(Medcom/Fachri Audhia Hafiez)

LEMBAGA Survei Indonesia (LSI) mencatat mayoritas warga tak ingin Edy Rahmayadi kembali maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatra Utara (Sumut) 2024. General responden yang tak ingin petahana itu berkontestasi lagi sebanyak 48,4 persen.

“Tampaknya yang 35 persen menyatakan menginginkan kembali. Tak menjawab 16,6 persen,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan dalam rilis surveinya secara digital, Minggu, 28 Juli 2024.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap Edy selama memimpin Sumut pada 2018-2023, tidak mencapai 70 persen. Dia hanya memperoleh kepuasan publik 61,6 persen.

Baca juga: Survei: Ijeck Punya Kans Tambah Elektoral Bobby maupun Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut

Publik yang tidak puas sebanyak 30,2 persen. Lalu, responden tak menjawab 8,2 persen.

“Jadi (angkanya) baik, tapi sedang, tidak bisa disebut tinggi. Karena angkanya 60 persenan. Kalau untuk nilai dari kampus itu tidak A nilainya, mungkin B atau B+ ini,” ujar Djayadi.

Menurut dia, Edy harus lebih meningkatkan keinginan publik agar memilihnya kembali. Terlebih, dia akan berhadapan dengan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Nasution pada Pilgub Sumut 2024.

Baca juga: Survei: Pendukung PDIP Cenderung Pilih Bobby Nasution di Pilgub Sumut

“Jadi memang kalau ke depan, kalau Edy mau lebih kompetitif ke depan, berhadapan dengan Bobby, maka dia harus meningkatkan keinginan masyarakat untuk untuk menginginkan dia kembali sebagai petahana, selain meningkatkan akseptabilitas,” jelas Djayadi.

Jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia dilaksanakan pada 7-17 Juli 2024. Sebanyak 800 responden yang tinggal di Sumatra Utara terlibat dalam survei ini melalui metode wawancara.

Metode yang digunakan yakni easy random sampling. Margin of error survei sebanyak 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Z-7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *