Timnas Surfing Indonesia Tampil di Kejuaraan Asia di Maladewa

Timnas Browsing Indonesia Tampil di Kejuaraan Asia di Maladewa


Timnas Surfing Indonesia Tampil di Kejuaraan Asia di Maladewa
Ilustrasi(ANTARA/Ardiansyah)

TIMNAS selancar ombak atau browsing Indonesia berburu tiket Permainan Asia Aichi-Nagoya Jepang 2026 dengan tampil di kejuaraan Asian Browsing Championship, yang berlangsung pada 17-24 Agustus di Thulusdhoo, Maladewa.

Sebanyak tujuh atlet selancar ombak Indonesia turun di ajang kualifikasi selancar shortboard Asian Video games 2026 tersebut.

Tiga atlet putra yaitu Dhany Widianto, I Made Joi Satriawan, dan I Made Pajar Ariyana berkompetisi dalam kategori Males’s Open.

Baca juga: Kembali Disorot, Warganet Singgung Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Lebih Baik dari Olimpiade

Tiga atlet putri yakni Kailani Kusuma Johnson, Taina Izquierdo, dan Jasmine Michelle turun dalam kategori Girls’s Open. Sementara, satu atlet putri lainnya Hana Suri Jabrik bertanding dalam kategori Girls’s Junior U-18.

Board member of Asian Browsing Federation (ASF) Arya Subyakto menjelaskan timnas Indonesia harus meraih poin terbanyak untuk mendapatkan tiket Asian Video games 2024.

“Harus tertinggi general poin via gender di Asia Tenggara untuk certified. Untuk putra dan putri, saat ini, Indonesia bersaing ketat dengan Filipina,” kata Arya, Rabu (21/8).

Baca juga: Gagal di Olimpiade Paris 2024, Rio Waida: Seperti Mati Rasa

Hingga hari keempat penyelenggaraan kejuaraan Asian Browsing Championship, Rabu (21/8), keseluruhan atlet tim Merah Putih masih berjuang. Di sektor putri, tiga wakil Indonesia mengamankan tempat di perempat ultimate.

Kailani dan Taina tampil gemilang memimpin Warmth 2, masing-masing dengan mencatatkan nilai general 14,77 dan 14,17 poin pada putaran ketiga.

Sementara itu, Jasmine, yang selamat dari babak eliminasi atau putaran kedua, berhasil menempati urutan kedua Warmth 5 dengan general nilai 9,83 poin untuk memastikan diri di perempat ultimate.

Baca juga: PBPI Ingin Padel Jadi Cabang Olahraga Eksibisi di Asian Games 2026

Selanjutnya pada perempat ultimate, Kamis (22/8), Taina akan berkompetisi di Warmth 2 bersama wakil Tiongkok Siqi Yang dan wakil Thailand Isabel Faye Higgs.

Sementara, Kailani dan Jasmine akan bersama-sama bersaing di Warmth 3 bersama wakil Jepang Arisa Ishii.

Di sektor putra, tiga wakil Indonesia juga tampil dominan di kejuaraan kualifikasi Asian Video games 2026 tersebut. Mereka melaju ke putaran ketiga
tanpa melalui babak eliminasi.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Rio Waida Terhenti di Putaran Kedua

Dhany dan Pajar bahkan selalu memimpin Warmth dengan meraih nilai tertinggi dalam perlombaan yang mereka lakoni. Sementara, Joi juga mengikuti keberhasilan dua kompatriotnya itu dengan memimpin Warmth 5 pada putaran ketiga, Rabu (21/8).

Dhany, Pajar, dan Joi akan melanjutkan perjuangan mereka ke putaran keempat, Kamis (22/8), masing-masing akan berkompetisi di Warmth 1, Warmth 3, dan Warmth 5, untuk mengamankan tempat di perempat ultimate.

“Anak-anak harus naik podium, kalau bisa nilai semuanya merata. Semoga semesta alam berpihak kepada kita,” ujar Arya yang juga merupakan salah seorang Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI).

Pada kategori U-18 Women Hana Suri juga tampil cemerlang dengan berhasil melaju ke semifinal Kejuaraan Asian Browsing Championship. Ia akan bersaing di Warmth 1 bersama wakil Jepang, Tiongkok, dan Filipina dalam perebutan tempat di babak ultimate. (Ant/Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *