Belasan Titik Panas Terdeteksi Satelit di Babel

Belasan Titik Panas Terdeteksi Satelit di Babel


Belasan Titik Panas Terdeteksi Satelit di Babel
Ilustrasi: sejumlah petugas memadamkan karhutla(ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

BELASAN titik panas atau titik panasyang diduga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terdeteksi satelit berada di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung. Mikron Antariksa mengatakan informasi dari BMKG ada 12 titik api.

Ke-12 titik panas itu, tersebar di Bangka Barat dan Belitung Timur 4 titik, Bangka Selatan dan Bangka Tengah 1 titik dan Bangka 2 titik.

Baca juga: Titik Panas Karhutla Sumatra Tembus 446 Titik, Paling Banyak Sumsel

“Bangka Barat di Jebus, Tempilang, Mentok dan Simpang Teritip. Belitung Timur di Kelapa Kampit. Bangka di Belinyu sedangkan Bangka Selatan Simpang Rimba. Kalau Bangka Tengah di koba “kata Mikron. Minggu (28/7).

Untuk tingkat akurasi ke 12 titik panas tersebut menurut Mikron di angka delapan. Artinya kuat dugaan itu adalah karhutla.

“Memang mengarah ke karhutla, namun harus di pastikan ke lokasi sembari tindakan pemadaman,”ujarnya.

Pihaknya menghimbau warga untuk waspada dan tidak membuang puntung rokok ada bara api sembarangan, selain tu tidak bakar lahan untuk berkebun.

“Angin kencang dan panas ini, rawan sekali terjadi karhutla, makanya kami selalu himbau warga cegah karhutla “ucap Mikron. (RF/Z-7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *