5 Ribu Hektare Hutan di Pulau Tujuan Wisata Portugal Terbakar

5 Ribu Hektare Hutan di Pulau Tujuan Wisata Portugal Terbakar


5 Ribu Hektare Hutan di Pulau Tujuan Wisata Portugal Terbakar
Kebakaran melanda pulau tujuan wisata di Portugal, Madeira.(Anadolu)

KEBAKARAN hutan di pantai selatan Pulau Spanyol Dari Portugal telah menghanguskan lebih dari 5 ribu hektare lahan, atau 6,4% dari general luas pulau itu, selama seminggu terakhir.

Kebakaran, yang dimulai pada 14 Agustus, masih belum terkendali dan menimbulkan kekhawatiran besar di wilayah pesisir selatan Camara de Lobos dan Ponta do Sol, serta di wilayah pegunungan Pico Ruivo.

Information dari Sistem Informasi Kebakaran Hutan Eropa menunjukkan bahwa kebakaran telah mempengaruhi lebih dari 5 ribu hektare di pulau tersebut sejauh ini.

Baca juga: Portugal dan Prancis Masih Hadapi Kebakaran Hutan

Otoritas Nasional Portugal untuk Perlindungan Darurat dan Sipil (ANEPC) telah menghadapi kritik keras dari serikat pekerja dan partai oposisi atas penanganannya terhadap situasi tersebut. Sebagai tanggapan, lembaga tersebut telah mengerahkan unit khusus beranggotakan 60 orang untuk membantu upaya pemadaman kebakaran.

Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran, 120 polisi hutan, 200 personel perlindungan sipil, 40 kendaraan, dan satu pesawat saat ini terlibat dalam memadamkan api, media Portugis melaporkan.

Miguel Albuquerque, presiden pemerintah daerah Madeira, mengatakan kebakaran terjadi di daerah yang sulit dijangkau di luar zona permukiman. “Tidak ada ancaman terhadap penduduk, rumah, atau infrastruktur. Intervensi sejauh ini sudah tepat,” kata Albuquerque.

Sebagian besar pengunjung pulau wisata populer itu telah dievakuasi karena kebakaran yang sedang berlangsung. (I-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *