Prakiraan Cuaca Jumat, 23 Agustus 2024: Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan

Prakiraan Cuaca Jumat, 23 Agustus 2024 Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan


Prakiraan Cuaca Jumat, 23 Agustus 2024: Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan
Pekerja menggunakan payung saat hujan di kawasan Sudirman, Jakarta(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca yang akan terjadi pada Jumat, 23 Agustus 2024. Menurut keterangannya, sebagian daerah di Indonesia akan diguyur hujan.

Prakiraan cuaca di wilayah pulau Sumatera, mulai dari wilayah Banda Aceh dan Padang diperkirakan akan turun hujan yang disertai dengan petir maupun kilat.

Lalu untuk wilayah Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, Palembang dan Pangkal Pinang diperkirakan akan ada hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jawa Barat Selasa, 20 Agustus 2024: Kabupaten Bogor Berpotensi Hujan Ringan

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi pada wilayah Bengkulu. Terakhir, pada wilayah Lampung terprediksi hanya akan ada cuaca udara kabur.

Untuk daerah Jawa, cuaca berawan tebal hingga berawan diprakirakan terjadi pada wilayah Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Prakiraan cuaca cerah akan terjadi pada wilayah Surabaya dan Semarang. Berbeda dengan Kota Serang yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota Besar di Indonesia, Selasa 20 Agustus 2024: Hujan dan Berawan

Selanjutnya, prakiraan cuaca pada daerah Pulau Bali serta Nusa Tenggara, kota Kupang dan kota Denpasar diprakirakan cerah berawan, sementara kota Mataram akan berawan.

Menyebrang ke Pulau Kalimantan, pada wilayah Pontianak, Palangkaraya, Tanjung Selor dan Samarinda diprakirakan akan turun hujan yang disertai dengan kilat ataupun petir. Sedangkan untuk wilayah Banjarmasin akan berawan.

Beralih ke pulau Sulawesi, potensi hujan disertai petir dan kilat akan terjadi pada wilayah Mamuju. Selanjutnya pada kota Gorontalo dan Palu diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Senin, 19 Agustus 2024: Kabupaten Bogor Berpotensi Hujan

Berbeda dengan wilayah Manado yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang. Terakhir, wilayah Makassar dan Kendari diprakirakan hanya akan berawan.

Selanjutnya, BMKG memprakirakan pada wilayah Indonesia Timur, di Kota Manokwari, Jayawijaya, Sorong dan Ambon diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Berbeda dengan kota Ternate dan Nabire yang akan diguyur hujan berintensitas sedang. Terakhir, waspada kepada warga Jayapura dan Merauke akan adanya potensi hujan yang disertai dengan petir ataupun kilat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Senin, 19 Agustus 2024: Sebagian Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan

BMKG juga memprediksi mengenai suhu udara yang umumnya berkisar antara 16 hingga 34 derajat celcius dengan kelembapan berkisar antara 39 hingga 100 persen. Perkiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia ada pada 0,5 hingga 2,5 M.

Selanjutnya untuk prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter.

BMKG minta untuk waspadai potensi banjir ROB di wilayah Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Timur dan Pesisir Papua.

Berikut 5 Wilayah Berpotensi Mudah Terbakar

  1. Sumatera bagian Selatan
  2. Jawa
  3. Bali
  4. Nusa Tenggara
  5. Sulawesi Selatan

Maka dari itu masyarakat diimbau untuk berhati-hati bila melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api seperti membakar sampah hingga tidak membuang putung rokok sembarangan, untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Peningkatan Kecepatan angin hingga mencapai lebih dari 25 now not diperkirakan terjadi di Papua Selatan bagian selatan, laut arafuru, laut Banda, Maluku bagian Tenggara dan Laut Seram. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *