KPK Nilai Butuh Audit Penggunaan Anggaran Damkar Depok

KPK Nilai Butuh Audit Penggunaan Anggaran Damkar Depok


KPK Nilai Butuh Audit Penggunaan Anggaran Damkar Depok
Ilustrasi – KPK nilai butuh audit terkait anggaran pemadan kebakaran (damkar) di Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat. (MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai kebutuhan pemeriksaan diperlukan terkait penggunaan anggaran Pemadam Kebakaran (Damkar) di Pemerintah Kota DepokJawa Barat. Hal ini merespons video viral di mana petugas Damkar Depok membuat video ‘room excursion’.

“Siapa yang bertugas tentunya apabila ada audit, dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP),” kata juru bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto melalui akun Instagram KPK, Senin (29/7).

Tessa menilai audit penting untuk melihat sesuai atau tidaknya penggunaan anggaran. Bila ditemukan penyimpangan, maka aparat penegak hukum termasuk KPK bisa turun tangan.

Baca juga: Viral, Petugas Damkar Depok Keluhkan Banyak Peralatan Pemadaman Rusak

“Bisa dilihat nanti apabila ada penyimpangan atau kerugian disitu. Sehingga, terjadi hal-hal yang disampaikan salah satu kawan kita yang viral itu, nah, itu bisa ditindaklanjuti oleh KPK, kepolisian, atau kejaksaan, ditelusuri dulu,” jelas Tessa.

Sebelumnya, petugas Damkar Kota Depok, Sandi Butar Butar, viral usai membuat video ‘room excursion’. Dia mengeluhkan peralatan petugas damkar yang sudah tidak layak.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono merespons hal itu. Dia minta bila ada permasalahan tak dibawa ke ruang publik.

“Kami berharap kalau ada masalah, tidak usah dibawa keluar. Karena ini kan memang lembaga, sebaiknya memang diselesaikan di dalam dulu,” ujar Imam kepada wartawan, Senin, 22 Juli 2024. (Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *