7 Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi, Bisa Osteoporosis

7 Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi, Bisa Osteoporosis


7 Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi, Bisa Osteoporosis
Barista mengikuti Latte Artwork Festival saat pameran Espresso & Artisans di Mall Kelapa Gading, Jakarta(MI/ BARY FATHAHILAH)

MEMINUM kopi secara berlebihan ternyata bisa menjadi bahaya untuk kesehatan. Walaupun kopi ini diyakini bisa menahan rasa ngantuk saat beraktivitas, tetapi memiliki efek buruk.

Mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek negatif bagi kesehatan. Selain itu bahaya jangka panjangnya pun akan kalian rasakan.

Maka dari itu jangan terlalu sering dan banyak minum kopi agar tubuh bisa tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Dampak Mikroplastik pada Kesehatan, Mengapa Kita Harus Peduli?

Berikut 7 Bahaya Minum Kopi

1. Gangguan Tidur

Kafein dalam kopi adalah stimulan yang dapat menyebabkan gangguan tidur, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau dekat dengan waktu tidur. Ini bisa menyebabkan sulit tidur (insomnia) dan mengganggu kualitas tidur secara keseluruhan.

2. Tingkatkan Keadaan Darurat

Kafein dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan produksi hormon stres seperti adrenalin. Akibatnya, konsumsi kopi yang berlebihan dapat meningkatkan perasaan cemas, gugup, atau tegang, terutama pada orang yang sensitif terhadap kafein.

3. Menimbulkan Ketergantungan

Kafein adalah zat adiktif, dan konsumsi kopi yang terlalu sering dapat menyebabkan ketergantungan. Gejala penarikan kafein (caffeine withdrawal) dapat mencakup sakit kepala, kelelahan, dan perubahan suasana hati.

Baca juga: Jangan Disepelekan, ini 11 Bahaya Sering Makan Gorengan

4. Masalah Pencernaan

Kopi dapat merangsang produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, atau bahkan refluks asam jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Pada beberapa orang, kopi juga dapat menyebabkan diare.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah, terutama pada orang yang jarang mengonsumsi kafein. Tekanan darah yang sering meningkat dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang.

6. Mengganggu Penyerapan Nutrisi

Kopi dapat mengganggu penyerapan beberapa nutrisi penting seperti zat besi dan kalsium. Konsumsi kopi yang berlebihan bisa menyebabkan defisiensi nutrisi jika tidak diimbangi dengan nutrition yang seimbang.

7. Meningkatkan Risiko Penyakit keropos tulang

Kafein dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urin, yang dalam jangka panjang bisa berkontribusi pada penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis, terutama jika asupan kalsium dalam nutrition tidak mencukupi.

Penting untuk mengonsumsi kopi secara moderat dan memperhatikan respons tubuh terhadap kafein. Jika Anda mengalami gejala negatif setelah minum kopi, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah konsumsi atau mencari alternatif yang lebih aman. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *