Kemitraan Pengumpulan Sampah Plastik Turunkan Tingkat Kemiskinan

Kemitraan Pengumpulan Sampah Plastik Turunkan Tingkat Kemiskinan


Kemitraan Pengumpulan Sampah Plastik Turunkan Tingkat Kemiskinan
Kunjungan ESTA Companies ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang, Banten.(MI/Putri Anisa)

AKSI pengumpulan sampah plastik yang dapat ditukar uang oleh Plastic Financial institution mampu menurunkan tingkat kemiskinan. Program ini pun disaksikan oleh ESTA Companies dalam kunjungannya ke komunitas pengumpul plastik di Rajeg, Tangerang, Banten.

Dalam kunjungan tersebut, ESTA Companies melihat bagaimana sistem dan aplikasi Plastic Financial institution telah mengubah pengepulan konvensional menjadi cabang pengumpulan plastik yang terdigitalisasi.

Anggota komunitas Plastic Financial institution dapat menukar plastik dengan uang tambahan dan berbagai manfaat sosial seperti voucher belanja bulanan, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Dorong Ekonomi Hijau dan Keberlanjutan, Watsons Jalin Kemitraan Untuk Jaga Lingkungan

“Bergabung dengan Plastic Financial institution pada tahun 2021 adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat. Sejak saat itu, saya melihat loyalitas anggota saya semakin bertumbuh, sehingga mereka konsisten membawa plastik ke gudang pengepul saya karena mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui aplikasi PlasticBankĀ® dan juga berbagai manfaat sosial. Pendapatan saya sendiri juga meningkat drastis, sehingga saya dapat membeli tiga mesin pengepres bal tambahan dan lahan baru untuk memperluas operasional gudang saya. Saya berharap lebih banyak perusahaan seperti ESTA Companies yang bermitra dengan Plastic Financial institution untuk mendukung komunitas kami,” ungkap Mirsa Saputra, mitra pengepul Plastic Financial institution di Tangerang, Jumat (30/8).

Sejak bermitra dengan Plastic Financial institution pada 2023, ESTA Companies telah mendukung pengumpulan 60.000 kilogram plastik setara dengan 3 juta botol 500 ml serta mencegahnya dari pencemaran lingkungan.

Dampak lingkungan dan sosialnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, memberi mereka pendapatan tambahan dan manfaat sosial yang meningkatkan kualitas hidup mereka.

Baca juga: Calon Kepala Daerah Dimintan Prioritaskan Penurunan Kemiskinan Ekstrem

Didirikan pada 2009, ESTA Company adalah suatu grup perusahaan yang beroperasi dalam berbagai bidang termasuk properti, perbankan, lembaga keuangan non financial institution, dan teknologi. Misi perusahaan ini adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan masyarakat Indonesia dan mengembangkan properti yang mendukung kebutuhan pariwisata dan bisnis di seluruh negeri.

CEO ESTA Kapital, Yefta Surya Gunawan, yang turut hadir dalam kunjungan ke komunitas Plastic Financial institution menyampaikan pandangannya tentang kemitraan tersebut.

“Kemitraan kami dengan Plastic Financial institution merupakan langkah strategis dalam mewujudkan visi ESTA Companies untuk tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kami dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan komunitas sekitar, serta menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk mengambil tindakan serupa,” kata Yefta Surya.

“Perubahan sejati dimulai ketika perusahaan menyadari peran mereka dalam membentuk masa depan. Kemitraan ESTA Companies dengan Plastic Financial institution bukan hanya tentang pengumpulan plastik; tetapi juga tentang mendefinisikan ulang arti suatu perusahaan yang bertanggung jawab dan berdampak. Kolaborasi ini adalah pengingat yang penting bahwa ketika perusahaan berkomitmen pada keberlanjutan, mereka dapat mengubah kehidupan masyarakat dan menjaga kelestarian planet kita,” kata Nation Supervisor Indonesia Plastic Financial institution Frederick Saman.

Plastic Financial institution berdedikasi untuk membantu bisnis mendorong pertumbuhan
dan dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam bisnis mereka. Perusahaan dari berbagai ukuran dapat berlangganan Affect Subscription Plastic Financial institution, yaitu mendukung pengumpulan sejumlah botol plastik oleh anggota komunitas yang terlacak secara virtual. (J-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *